Empat kader Demokrat siap maju Pilkada Gunung Kidul

id Pilkada Gunung Kidul,Demokart,Pilkada 2020

Ketua DPC Partai Demokrat Gunung Kidul Supriyani Astuti (tengah) didampingi anggota DPRD Gunung Kidul dari Demokrat. ANTARA/Sutarmi

Gunung Kidul (ANTARA) - Empat kader Partai Demokrat di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, siap bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah pada 2020 di wilayah ini.

Ketua DPC Partai Demokrat Gunung Kidul Supriyani Astuti di Gunung Kidul, Minggu, mengatakan empat kader Demokrat yang siap maju, yakni Anggota DPRD DIY Erlia Risty dan tiga anggota DPRD Gunung Kidul Eko Rustanto, Suyanto serta Supriyani Astuti.

"Kami siap maju sebagai bakal calon bupati atau wakil bupati. Keputusan ini sesuai dengan arahan DPP Partai Demokrat, seluruh anggota dewan wajib dan harus siap maju sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati," kata Astuti.

Namun demikian, dia mengatakan, pihaknya tetap realistis dengan perolehan suara pada Pemilu 2019, di DPRD Gunung Kidul hanya mendapat tiga kursi. Untuk itu, DPC Demokrat Gunung Kidul akan siap berkoalisi dengan partai lain supaya dapat mengajukan bakal calon bupati dan wakil bupati.

"Persyaratan pengajuan bakal calon bupati dan wakil bupati, minimal mendapat dukungan sembilan kursi di DPRD. Sehingga Demokrat harus berkoalisi dengan partai lain," katanya.

Astuti mengakui sudah melakukan pendekatan dengan partai politik lain. Selain itu, pihaknya juga akan melakukan survei ke masyarakat untuk mengetahui kekuatan masing-masing kandidat.

"Di internal partai, kami melakukan survei empat kader Demokrat yang memiliki potensi meraup suara. Di sisi lain, kami intensif melakukan pendekatan dengan partai lain untuk berkoalisi," katanya.

Ketua DPD Nasdem Gunung Kidul Suharno mengatakan, Partai Nasdem pada Pemilu 2019 memperoleh sembilan kursi dan bisa mengusung bakal calon bupati dan wakil bupati sendiri.

"Nasdem akan terbuka berkoalisi dengan partai lain dalam menghadapi pilkada mendatang. Untuk internal kami ada nama Benjamin Sudarmaji dan saya (Suharno). Untuk eksternal bisa saja Mayor Sunaryanto," katanya.

Sekretaris DPD PAN Gunung Kidul Anwarudin mengatakan meski memiliki kader yang duduk sebagai Wakil Bupati Gunung Kidul, Immawan Wahyudi, tetapi belum otomatis yang bersangkutan akan dijagokan maju.

"Semua masih punya peluang yang sama. Kami masih terbuka untuk pihak yang akan bergabung ke PAN," katanya.

Ketua DPC PDI Perjuangan Gunung Kidul Endah Subekti Kuntaringsih mengaku masih menjalin komunikasi dengan tokoh-tokoh. "Masih melakukan komunikasi dengan sejumlah parpol dan tokoh," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar