Festival Budaya Bahari mengenalkan generasi muda terhadap eksistensi laut

id Laut selatan

Laut selatan di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Festival Budaya Bahari 2019 yang diselenggarakan di kawasan Pantai Baru, Desa Poncosari, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, diharapkan mampu mengenalkan dan memahamkan generasi muda daerah setempat terhadap eksistensi laut dan potensi perikanan.

"Ada beberapa harapan yang termaktub dalam penyelenggaraan kegiatan Festival Budaya Bahari 2019. Pertama mengenalkan, memahamkan dan meningkatkan kesadaran generasi muda dan masyarakat terhadap eksistensi laut," kata Wakil Gubernur (Wagub) DIY Sri Paduka Paku Alam X di Pantai Baru Bantul, Minggu.

Selain itu, kata Wagub DIY, Festival Budaya Bahari yang terselenggara sinergi Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) DIY dengan kelompok nelayan dan masyarakat pesisir selatan tersebut dapat menumbuhkan kesadaran terhadap kelestarian sumber daya laut dan kekayaan yang terdapat di laut.

"Kemudian meningkatkan kerja sama secara integral antarberbagai elemen dalam mengembangkan jiwa kebaharian, serta meningkatkan budaya makan ikan dan pengembangan usaha perikanan dan kelautan," kata Wagub DIY.

Dia mengatakan, hal itu sesuai dengan visi Daerah Istimewa Yogyakarta yang sekarang diemban bersama dalam melanjutkan upaya Yogyakarta menyongsong peradaban baru dengan mengoptimalkan potensi laut selatan untuk terwujudnya peningkatan kemuliaan martabat manusia Yogyakarta.

"Salah satu strategi budaya yang diterapkan adalah membalik paradigma Among Tani menjadi Dagang Layar, dari pembangunan berbasis daratan ke kemaritiman dengan menggali, mengkaji dan menguji serta mengembangkan local genius," katanya.

Menurut dia, dari sisi spiritual budaya, sosial masyarakat dan juga ekonomi tak akan pernah lepas dari peran air sebagai sumber penghidupan sekaligus pengawal peradaban manusia.

Oleh karena itu, kata dia, akan menjadi penting bagi kita semua untuk melibatkan budaya dalam memberdayakan dan melestarikan air pada umumnya dan samudera pada khususnya.

"Saya mengapresiasi acara ini karena menjadi sebuah upaya memberdayakan kemajuan Yogyakarta melalui pengejawantahan semangat Jogja menghadap ke selatan yang dapat diartikan pembangunan DIY akan fokus pada pengembangan kesejahteraan wilayah pesisir dan upaya pengembangan potensi samudera yang kita miliki," katanya.

Untuk itu, Wagub berpesan, agar selalu menjaga kelestarian laut, karena seluruh manusia memiliki kewajiban kolektif untuk menjaga kelestarian sumber daya air dan laut dengan melibatkan diri dalam ikhtiar kolektif, agar air dan samudra menjadi sahabat manusia dan tidak menimbulkan berbagai bencana dan bahaya.

"Semoga Festival Budaya Bahari tahun 2019 ini dapat menjadi wahana edukasi dan rekreasi yang bermanfaat bagi warga Bantul dan DIY," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar