Bupati Bantul meminta olahraga jadi gaya hidup warga

id Kontingen Bantul

Bupati Bantul meminta olahraga jadi gaya hidup warga

Bupati Bantul dan Wakil Bupati Bantul saat mengukuhkan kontingen Porda Bantul disela Upacara Haornas 2019 di Lapangan Trirenggo Bantul, DIY, Senin (9/9/2019). ANTARA/Hery Sidik

Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul Suharsono mengharapkan kegiatan olahraga menjadi gaya hidup masyarakat supaya kebugaran dan kesehatan mereka tetap terjaga.

"Olahraga harus menjadi kebutuhan hidup dan menjadi gaya hidup, karena permasalahan terbesar saat ini, yakni derajat kebugaran masyarakat yang masih rendah," katanya saat memberikan sambutan pada Upacara Haornas Ke-36 Kabupaten Bantul dan Pengukuhan Kontingen Porda Bantul 2019 di Lapangan Trirenggo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin.

Ia mengharapkan melalui Haornas 2019 dengan tema "Ayo Olahraga, Di mana Saja, Kapan Saja" itu, dapat memasyarakatkan Gerakan Ayo Olahraga guna menjawab permasalahan derajat kebugaran masyarakat setempat yang masih perlu ditingkatkan hingga saat ini.

"Tema tersebut mengandung makna bahwa olahraga itu mudah, karena dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, menjadi penting agar masyarakat tidak terpaku bahwa olahraga hanya dapat dilakukan di fasilitas olahraga yang tersedia," katanya.

Dia mengatakan pembangunan olahraga tidak hanya jasmani, tetapi juga rohani.

"Dengan sehat rohani maka kita telah mendukung kebijakan Presiden Joko Widodo tentang revolusi mental dan sumber daya manusia (SDM) unggul Indonesia maju," katanya.

Selain itu, kata dia, dengan kesegaran jasmani yang bagus, kesehatan rohani yang bagus, terutama pelajar, maka memudahkan lahirnya bibit-bibit yang berpotensi menuju pentas nasional dan dunia pada masa mendatang.

"Termasuk dalam ajang Porda ke-15 nanti sebagaimana kita harapkan bersama, kita akan berupaya dan berjuang keras agar kontingen Bantul bisa merebut juara umum. Saya yakin kontingen Bantul akan tampil gemilang dan meraih emas sebanyak-banyaknya," katanya.

Pada kesempatan itu, Bupati Bantul Suharsono mengucapkan terima kasih kepada jajaran pengurus KONI Bantul, para pelatih, para atlet, dan semua pihak yang telah menyumbangkan waktu, tenaga, dan pikirannya untuk kontingen Porda Bantul.

"Saudara-saudara adalah warga istimewa karena merupakan representasi martabat dan kehormatan Bantul di DIY, harapan masyarakat ada di pundak saudara, untuk itu manfaatkan momentum ini dengan mempersembahkan prestasi terbaik bagi Bantul," katanya.