Bantul mempersiapkan 400 atlet untuk Porda DIY

id Atlet Porda,Porda DIY

Atlet Pekan Olahraga Daerah (Porda) kontingan Bantul (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mempersiapkan sebanyak 400 atlet dari berbagai cabang olahraga untuk berkompetisi dalam Pekan Olahraga Daerah tingkat DIY ke-15 di Yogyakarta pada Oktober 2019.

"Kontingan dari Bantul untuk Porda DIY 2019 ini kita mempersiapkan sekitar 400 atlet dengan target perolehan 142 medali emas," kata Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bantul, Joko Surono usai Pengukuhan Kontingen Bantul untuk Porda 2019 di Bantul, Senin.

Dengan target perolehan medali emas sebanyak itu, tambah dia maka diharapkan Kabupaten Bantul dapat menjadi juara umum dalam ajang kompetisi olahraga empat tahunan tersebut, dan mengulang kembali prestasi bidang olahraga tingkat DIY pada pelaksanaan sebelumnya.

"Ini merupakan motivasi untuk para atlet di Porda DIY 2019, harapan ke depan dan juga pengurus daerah termasuk KONI Bantul di 2019 ini untuk Porda, Kabupaten Bantul bisa juara umum, itu harapan kami ya, untuk mengulang kembali pada 2015," jelasnya.

Dia juga mengatakan, guna memotivasi para atlet agar bisa berusaha maksimal dalam pertandingan olahraga, pemerintah daerah melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bantul menyediakan bonus bagi peraih medali emas sebesar Rp15 juta per medali emas.

"Untuk atlet kita fasilitasi bonusnya sekitar Rp15 juta per medali, tadinya Rp12 juta, kita naikkan menjadi Rp15 juta, kalau untuk peraih medali perak belum. Kalau total bonus seluruhnya KONI yang tahu persis, karena yang mengelola kita serahkan sepenuhnya ke KONI Bantul," terangnya.

"Kami dari Disdikpora Bantul adalah sebagai 'support' jembatan untuk kegiatan ini, segala bentuk kegiatan yang ada di lapangan sepenuhnya dikelola oleh KONI Kabupaten Bantul, untuk (anggaran) Pordanya dari pemkab melalui dana hibah," tambahya.

Sementara Bupati Bantul, Suharsono mengatakan akan terus memberikan semangat terhadap para atlet yang akan berlaga pada Porda 2019 agar mampu membawa nama baik Bantul, yang tentunya dengan hasil prestasi yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

"Saya pesan selalu semangat bagi anak-nak sebelum bertanding, kalau bisa Bantul Juara Umum, saya beri dukungan dan apa yang bisa membawa nama baik Bantul saya berikan apresiasi. Kalau ada usaha dan doa pasti bisa," jelasnya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar