Sekelompok orang gelar aksi dukung revisi UU KPK

id revisi uu kpk

Sekelompok orang gelar aksi dukung revisi UU KPK

Aksi mendukung revisi UU KPK di Titik Nol Kilometer Yogyakarta (istimewa)

Yogyakarta (ANTARA) - Sekelompok orang yang menamakan diri Mahasiswa Masyarakat Jogja Dukung Lembaga dan Revisi UU KPK (Mama Jadul KPK) menggelar aksi mendukung usulan revisi UU KPK, di Titik Nol Kilometer Yogyakarta, Selasa. 

Koordinator aksi Muhammad Amirullah dalam rilisnya mengatakan langkah DPR yang telah menginisiasi revisi UU KPK merupakan suatu bentuk evaluasi penyempurnaan fungsi dan kelembagaan KPK.

"Revisi UU KPK ditujukan untuk memperbaiki sistem peradilan pidana, sehingga tercipta KPK yang andal dan transparan. KPK perlu direvitalisasi sebagai lembaga pemberantasan korupsi di Indonesia yang strategis dan bebas dari kepentingan kelompok," katanya.

Menurut dia, revisi justru mengembalikan marwah KPK sebagai lembaga antikorupsi yang serius dan tidak tebang pilih serta meyakini tidak ada upaya untuk melemahkan KPK dari revisi UU yang telah berusia 17 tahun.

Oleh karena itu, DPR agar mempercepat pengesahan revisi UU KPK untuk lebih memperkuat KPK dalam menjalankan fungsinya sebagai lembaga yang independen.

"Revisi UU KPK sebagai upaya memperkuat kelembagaan KPK, bukan untuk melakukan pelemahan. Revisi UU KPK juga sebagai upaya pencegahan makelar kasus sehingga transparansi dan independensi lembaga tetap terjaga," katanya.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024