Festival Garis Imaginer Sleman dimeriahkan kontingen dari berbagai daerah

id Festival imajiner,Dishub Sleman,Sleman

Salah satu penampilan pawai budaya di Kabupaten Sleman. ANTARA/HO/Disbud Sleman.

Sleman (ANTARA) - Pawai Budaya dalam rangka Festival Garis Imaginer yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Jumat (13/9) pukul 14.30 WIB bakal dimeriahkan juga oleh kontingen dari berbagai daerah.

"Kontingen luar daerah tersebut berasal dari Kota Probolinggo, Kabupaten Wonosobo, Gunung Kidul, Bantul, Kulon Progo, dan Kota Yogyakarta," kata Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Aji Wulantara di Sleman, Rabu.

Ia mengatakan pawai budaya dimulai dari Lapangan Bunder, Purwobinangun, Kecamatan Pakem menuju Tri Panunggal Rasa Pulowatu Pakem sepanjang dua kilometer.

"Penampilan dari kontingen luar daerah tersebut bakal menampilkan sesuatu yang berbeda dan khas sehingga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung," katanya.

Aji mengapresiasi partisipasi dan peran serta kontingen dari luar daerah tersebut.

"Hal ini merupakan kerja sama dan kolaborasi positif antarpemerintah daerah dalam upaya untuk lebih menggemakan dan mengekspose potensi kebudayaan. Terlebih lagi bagi kabupaten/ kota di DIY momen ini sekaligus untuk membangun semangat kebersamaan dalam rangka memperkokoh keistimewaan DIY," katanya.

Ia mengatakan pawai budaya akan menjadi atraksi menarik saat semua peserta melakukan displai  berupa unjuk kebolehannya di titik finis di Panggung Utama Tri Panunggal Rasa Pulowatu.

"Di antaranya dipentaskan Tari Catur Tama Sejati yang menggambarkan penyatuan tata nilai prasaja, sembada, welas asih, dan tembayatan dari Sanggar Cikrak Kina," katanya.

Kegiatan dilanjutkan displai dari kontingen Kabupaten Probolinggo, Tari Gebyar Mendalung, dari Wonosobo, Sanggar Guyub Rukun Gunung Kidul, Kulonprogo, Bantul dan Bregodo Putri Seruni Kraton dari Kota Yogyakarta.

Selain itu, Sanggar Tari Cinde Wulung dengan lakon Kyai Sapu Jagad, Sanggar Tari Kembang Sakura dengan "Lampor", Sanggar Tari Bayu Murti menampilkan Prajanjen Panembahan Senopati, Sanggar Tari Sekar Jagad dengan Jumenengan Raja Mataram dan Sanggar Tari Puri Ayodya yang membawakan Bregada Bajang.

Rangkaian Festival Garis Imaginer 2019 pada hari kedua, Sabtu (14/9) di Museum Gunungapi Merapi (MGM), meliputi Festival Jathilan dari delapan kontingen kecamatan, yaitu Gamping, Tempel, Kalasan, Berbah, Sleman, Cangkringan, Seyegan, dan Godean pada pukul 19.30-17.30 WIB.

Pasar Tiban 40 UMKM pukul 10.00-21.00 WIB, Pentas Seni Unggulan berupa Sastra Tutur dan Kontingen Kabupaten Magelang pukul 19.30-22.00 WIB.

Pada hari ketiga, Minggu (15/9) di MGM Festival Jathilan dari sembilan kontingen kecamatan, yaitu Ngaglik, Pakem, Minggir, Mlati, Moyudan, Depok, Turi, Prambanan, Ngemplak pukul 09.00-17.30 WIB, Pasar Tiban 40 UMKM pukul 10.00-21.00 WIB, Pentas Seni Unggulan berupa Konser Musik Garis Imaginer dan Wayang Orang pukul 19.30-22.00 WIB.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar