Wabup Sleman kukuhkan Hargobinangun sebagai sentra industri Jadah Tempe

id Jadah tempe,Sleman,Wabup Sleman,Hargobinangun

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun mengukuhkan Desa Hargobinangun sebagai Sentra Industri Kuliner Jadah Tempe. Foto Antara/HO/Humas Sleman

Sleman (ANTARA) - Wakil Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Muslimatun mengukuhkan Sentra Industri Kuliner Jadah Tempe Hargobinangun, Kecamatan Pakem bertempat di objek wisata Tlogo Putri, Kaliurang, Pakem, Sleman, Rabu.

Pengukuhan tersebut merupakan salah satu komitmen Pemda Sleman dalam mendorong pengembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Kabupaten Sleman.

Dalam pengukuhan sentra industri Jadah Tempe Kaliurang tersebut diserahkan Surat Keputusan Bupati Nomor : 55/Kep.KDH/A/2019 tentang Sentra Industri Kecil di Kabupaten Sleman Tahap V.

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun berharap dengan dikukuhkannya sentra tersebut menjadikan kuliner Jadah Tempe di Hargobinangun, Pakem, Sleman sebagai kuliner khas Kabupaten Sleman.

"Jadi, jika wisatawan mau mencari jadah ya ke Hargobinangun, Pakem, Sleman tempatnya," katanya.

Menurut dia, hal tersebut juga dapat memperkuat menjemen kelompok dan penguatan akses permodalan pada perbankan dan nonperbankan.

Ia juga berpesan agar para pelaku usaha jadah tempe untuk memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan sosial media dalam strategi pemasarannya.

"Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, pelaku UMKM dapat mempromosikan dan menjajakan produknya secara online untuk menjaring lebih banyak pelanggan, misalnya memanfaatkan marketplace online," katanya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman Tri Endah Yitnani mengatakan dengan pengukuhan tersebut dimaksudkan untuk penguatan kelembagaan sentra sekaligus sebagai pengungkit eksistensi dari sentra industri jadah tempe sehingga jadah tempe kedepannya akan menjadi salah satu ikon makanan tradisional dari Yogyakarta.

"Pelaku industri jadah tempe di wilayah Kaliurang saat ini sudah mencapai lebih 67 unit usaha," katanya.

Ia mengatakan, rencana Program Pengembangan Sentra Industri Jadah Tempe lima tahun ke depan yakni menguatkan manejemen kelompok, meningkatkan proses pengolahan dan penjaminan mutu olahan, meningkatkan kapasitas produksi olahan pangan, meningkatkan promosi dan perluasan pasar industri olahan pangan, pengembangan standarisasi dan sertifikasi, dan penguatan akses permodalan pada perbankan dan nonperbankan.
 
Jadah Tempe Kaliurang. Foto Antara/HO/Humas Sleman
Pewarta :
Editor: Sutarmi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar