Disbud Gunung Kidul meneliti petilasan Jenderal Sudirman

id Jenderal Sudirman,Dinas Kebudayaan,Kodim 0730,Gunung Kidul

Disbud Gunung Kidul meneliti petilasan Jenderal Sudirman

Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggandeng Komando Distrik Militer 0730 melakukan penelitian jejak petilasan Panglima Besar Jenderal Sudirman di wilayah ini. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Gunung Kidul (ANTARA) - Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggandeng Komando Distrik Militer 0730 melakukan penelitian jejak petilasan Panglima Besar Jenderal Sudirman di wilayah ini.

Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Gunung Kidul Agus Kamtono di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan ada beberapa daerah di Gunung Kidul yang dijadikan tempat gerilya.



"Untuk itu, kami akan melakukan penelitian dengan melibatkan Babinsa dan masyarakat untuk melacaknya," kata Agus.

Ia mengatakan daerah Kabupaten Gunung Kidul satu diantara daerah yang ikut andil dalam perjalanan sejarah Indonesia lepas dari penjajahan Belanda. Jejak perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman ada ditemukan di Gunung Kidul.

"Setidaknya saat ini ada 6 hingga 7 lokasi di daerah Gunungkidul yang menjadi saksi perjuangan gerilya Jenderal Sudirman, seperti di Playen, Karangrejek, Paliyan, Ponjong, Semanu. Sebenarnya masih ada banyak kita pastikan terlebih dahulu, jika ada narasumber baru maka tidak masalah akan bisa menjadi tambahan," katanya.

Sementara itu, Dandim 0730/Gunung Kidul Letkol Inf Noppy Laksana Armiyanto mengatakan, masyarakat jangan sampai melupakan sejarah karena leluhur bangsa Indonesia adalah orang-orang yang hebat.

"Awal idenya adalah ketika saya menanyakan ke kesatuan saya kapan hari ulang tahun Kodim 0730. Ternyata tidak ada yang mengetahui kapan hari ulang tahun Kodim 0730. Kalau kita membicarakan Kodim berarti harus melihat ke belakang sampai saat Pangeran Diponegoro," katanya.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar