BPBD Bantul : ada 29 kejadian kebakaran selama September

id Kebakaran Bantul

BPBD Bantul : ada 29 kejadian kebakaran selama September

Armada pemadam kebakaran di Kantor BPBD Bantul, DIY (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menyebut ada sebanyak 29 kejadian kebakaran  selama September atau bulan yang bertepatan dengan puncak musim kemarau tahun ini.

"Dari awal bulan sampai dengan tanggal 15 September itu ada sebanyak 29 kejadian kebakaran di Bantul, rata-rata atau sebagian besar itu kebakaran lahan," kata Manajer Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul Aka Luk Luk di Bantul, Rabu.

Menurut dia, lahan yang terbakar itu mayoritas lahan yang dikelola masyarakat atau pekarangan milik warga yang terdapat tumbuh-tumbuhan dengan dedaunan yang mengering maupun lahan tebu yang sudah mengering atau bekas dipanen.

Dia menjelaskan, kebakaran lahan di Bantul tersebut mayoritas karena diakibatkan kesalahan manusia atau pemilik lahan sendiri membakar sampah dedaunan namun lupa mematikan api ketika akan ditinggal pergi dari aktivitas tersebut.

"Kalau dilihat dari kronologi kejadiannya rata-rata adanya dari unsur manusia itu sendiri, misalkan ada yang memang dari kegiatan pembakaran sampah, atau pembakaran dedaunan kering, bahkan ada yang dicurigai karena puntung rokok," katanya.

Dengan demikian, lanjut dia, rata rata karena faktor manusia atau lebih pada kelalaian dan bukan fakfor cuaca."Jadi misal bakar daun kering sebelum padam sudah ditnggal pergi, jadi waktu ditinggal pergi api belum benar-benar padam, akhirnya merembet kena angin," katanya.

Aka Luk Luk mengatakan, kejadian kebakaran di Bantul meski hanya setengah bulan lebih pada September ini jumlahnya paling banyak dibanding bulan-bulan sebelumnya, yang mana selama Agustus lalu sebanyak 18 kejadian, kemudian pada Juli sebanyak 26 kejadian.

Selanjutnya berdasarkan data dari BPBD Bantul pada Juni sebanyak 12 kejadian, Mei sebanyak 25 kejadian, pada April berjumlah enam kejadian, Maret berjumlah enam, Februari berjumlah tiga kejadian dan Januari berjumlah empat kejadian.

"Untuk total kejadian kebakaran dari Januari sampai September sebanyak 129 kasus, dengan kejadian terbanyak ada di wilayah kecamatan Kasihan dan disusul wilayah Banguntapan," katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024