Rektor UWM: Lulusan PT harus inovatif dan kreatif

id rektor,uwmy,pt

Rektor UWM: Lulusan PT harus inovatif dan kreatif

Rektor Universitas Widya Mataram Yogyakarta (UWMY) Prof Edy Suandi Hamid mewisuda lulusan UWMY (ANTARA/HO-UWMY)

Yogyakarta (ANTARA) - Lulusan perguruan tinggi (PT) harus inovatif dan kreatif serta memiliki keunggulan kompetitif untuk dapat bersaing di era yang serba cepat berubah saat ini, kata Rektor Universitas Widya Mataram (UWM) Yogyakarta Prof Edy Suandi Hamid. 

"Untuk itu, para alumni PT tidak boleh berhenti untuk belajar dan mengasah pengetahuan dan keterampilannya," kata Edy dalam acara Wisuda Ke-55 UWM di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, wisuda ini barulah awal perjuangan. Persaingan dan evaluasi ketat muncul dalam dunia kerja.

"Oleh karena itu, jangan berhenti meningkatkan kualitas diri. Keberhasilan karir ke depan bukan ditentukan selembar ijazah saat ini, tetapi pada proses pengembangan diri selanjutnya," kata Edy.
 
Ia mengatakan, keberhasilan bukan saja ditentukan dari kompetensi pengetahuan, melainkan juga "soft skills" seperti kepemimpinan, kemampuan berkomunikasi, kemampuan beradaptasi, dan disiplin.
 
"Saudara bersyukur ditempa di PT yang didirikan tokoh bangsa Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Sri Sultan Hamengku Buwono X," katanya.

Sekarang pun di belakang UWM ada nama Sri Sultan Hamengku Buwono X, GKR Mangkubumi, Prof Mahfud MD, Prof Sofian Effendi, dan Prof Sunyoto yang serius memajukan UWM.

Menurut dia, dua tahun terakhir ini UWM bertumbuh pesat, jumlah mahasiswa terus meningkat, sementara secara nasional sebagian besar PT swasta menurun.

"Tahun lalu jumlah mahasiswa naik 30 persen dan tahun ini juga naik sekitar 12 persen, padahal PT swasta lain umumnya mengalami penurunan pendaftarnya," kata Edy.

Prof Sunyoto dari Yayasan Mataram Yogyakarta (YMY) mengatakan hari ini adalah hari bahagia yang merupakan awal dari proses hidup selanjutnya bagi para wisudawan dan wisudawati UWM.

"Jangan bergerak dengan meninggalkan nilai-nilai budaya," katanya.

Ia berharap agar para lulusan UWM segera memulai menjadi unicorn-unicorn sebagaimana yang sudah muncul pada saat ini. Para lulusan dapat melakukannya dengan bermodalkan kreativitas.

"Selain itu, aspek keberanian untuk memulai juga penting untuk dimiliki para lulusan," kata Sunyoto.

Wisuda Ke-55 UWM diikuti 147 wisudawan/wisudawati dari delapan program studi. Dengan wisuda kali ini jumlah lulusan UWM total sebanyak 8.449 orang. 

 
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024