Alan Budikusuma: daerah diharapkan telurkan atlet muda bulu tangkis

id kejuaraan bulu tangkis,astec open,alan budikusuma,atlet muda

Alan Budikusuma: daerah diharapkan telurkan atlet muda bulu tangkis

Mantan pebulu tangkis nasional Alan Budikusuma (tengah) di sela konferensi pers Kejuaraan Bulu Tangkis Daihatsu Astec Open 2019 di Surabaya, Jumat (27/09/2019). ANTARA/Fiqih Arfani.

Surabaya (ANTARA) - Mantan pebulu tangkis nasional Alan Budikusuma berharap di daerah-daerah tumbuh banyak klub sehingga memunculkan atlet-atlet muda dan usia dini yang sangat dinantikan prestasinya untuk Indonesia.

"Dengan adanya klub di daerah maka muncul atlet yang suatu saat dapat meneruskan pebulu tangkis nasional saat ini," ujarnya di sela konferensi pers Kejuaraan Bulu Tangkis Daihatsu Astec Open 2019 di Surabaya, Jumat.

Menurut Founder Astec tersebut, kehadiran klub juga harus didukung dengan turnamen atau kejuaraan yang menjadi panggung bagi atlet sekaligus pengalaman agar lebih matang.

Karena itulah, kata dia, kejuaraan Daihatsu Astec Open 2019 digelar di sejumlah daerah untuk memberikan kesempatan kepada atlet-atlet muda menunjukkan kualitasnya.

"Di daerah-daerah, khususnya di luar Pulau Jawa sangat minim pertandingan, terutama di sisi usia dini. Makanya kejuaraan seperti ini sangat penting dan kesempatan untuk mencari bibit-bibit atlet," ucap peraih medali emas tunggal putra Olimpiade Barcelona 1992 tersebut.
 

Kejuaraan bulu tangkis, lanjut dia, juga diharapkan memunculkan atlet beserta pelatih-pelatih yang selama ini jarang terpantau sekaligus mampu menggairahkan bulu tangkis di daerah.

"Manfaat kejuaraan ini sangat penting, karena atlet-atlet di usia dini dapat terpantau. PBSI selaku federasi juga sangat membutuhkan pemain bagus dan berkualitas," kata suami Susy Susanti tersebut.

Sejumlah pebulu tangkis nasional yang sempat mengikuti kejuaraan Daihatsu Astec Open antara lain pebulu tangkis ganda putra nomor satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo serta pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska.

Sementara itu, kejuaraan Daihatsu Astec Open 2019 akan diselenggarakan di Surabaya pada 7-12 Oktober 2019, yang merupakan kota keenam setelah Medan, Balikpapan, Bandung, Yogyakarta dan Makassar.

"Tahun ini digelar di tujuh kota, dan terakhir adalah Jakarta yang menjadi tempat untuk laga semifinal serta final pada November mendatang," kata Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra.
 

Kejuaraan Daihatsu Astec Open 2019 dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan umur, mulai U-13, U-15, U-17, U-19, dewasa dan veteran.

Selain menggelar pertandingan, di sela kejuaraan juga dilakukan coaching clinic yang langsung melibatkan Alan Budikusuma dan Susy Susanti sebagai pembicara.

"Semoga dengan peningkatan ke level internasional, semakin memotivasi dan melahirkan bibit-bibit muda bulu tangkis dari berbagai daerah di Indonesia, serta berkontribusi pada kejayaan Indonesia di tingkat dunia," katanya.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir Internal Communication Manager PT Frisian Flag Indonesia Viyanthi Silvana, Domestic Marketing and CR Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operatiom Hendrayadi Lastiyoso dan Regional Head Jawa Timur-Bali PT Astra International Daihatsu Sales Operation Tunjung Pramusinto.

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar