DPRD Gunung Kidul selesai bentuk alat kelengkapan dewan

id Alat melengkapan dewan,DPRD Gunung Kidul

DPRD Gunung Kidul selesai bentuk alat kelengkapan dewan

Kantor DPRD Kabupaten Gunung Kidul. ANTARA/Sutarmi

Gunung Kidul (ANTARA) - DPRD Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, telah selesai membentuk alat kelengkapan dewan sehingga dapat langsung menjalakankan tugasnya.

Ketua DPRD Kabupaten Gunung Kidul Endah Subekti Kuntariningsih di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan bahwa pembentukan alat kelengkapan dewan meliputi badan musyawarah, badan anggaran, dan badan pembentukan peraturan daerah.

"Pembentukan alat kelengkapan dewan menang cepat. Masing-masing fraksi sudah mendelegasikan anggotanya ke empat komisi," kata Endah.

Ia mengatakan bahwa pembahasan dan pembentukan langsung dilakukan karena sebelum pimpinan terbentuk sudah dilaksankaan rapat pembahasan praalat kelengkapan dewan.

"Dengan demikian, setelah pimpinan tetap dilantik, bisa dilanjutkan dengan paripurna pembentukan alat kelengkapan dewan. Baik alat kelengkapan dewan maupun pimpinan definitif ditetapkan dalam 1 hari,” katanya.

Terkait dengan komposisi dalam alat kelengkapan dewan, Endah menuturkan bahwa pembangian secara proporsional dan sesuai dengan jumlah kursi yang dimiliki di DPRD.

"Setiap fraksi kami minta untuk mengirimkan wakilnya untuk duduk dalam alat kelengkapan dewan. Adapun penugasan anggota diserahkan sepenuhnya oleh masing-masing fraksi," katanya.

Dengan terbentuknya pimpinan definitif dan alat kelengkapan dewan, kata Endah, ketugasan dewan dapat dimaksimalkan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Tugas-tugas yang dimiliki harus dijalinkan dengan baik, mulai dari penganggaran, pengawasan, pembentukan perda, hingga penyerapan aspirasi dari masyarakat.

"Kami akan langsung menjalankan tugas sesuai dengan ketugasan, dan akan langsung berkomunikasi dengan eksekutif terkait rencana pembangunan. Kami juga akan segera menyerap aspirasi masyarakat," katanya.

Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Gunung Kidul Demas Kursiswanto mengatakan bahwa pihaknya siap melakukan pengawasan terhadap program pembangunan infrastruktur di Gunung Kidul.

"Sesuai dengan bidang infrastruktur dan pembangunan, kami akan berkoordinasi dengan OPD yang berkaitan dengan ketugasan," katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024