DPRD Yogyakarta fokus selesaikan raperda yang belum ditetapkan

id DPRD Kota Yogyakarta, pimpinan dewan,raperda

DPRD Yogyakarta fokus selesaikan raperda yang belum ditetapkan

Pelantikan pimpinan definitif DPRD Kota Yogyakarta periode 2019-2024 (Eka Arifa Rusqiyati)

Yogyakarta (ANTARA) - Penyelesaian sejumlah raperda yang masih menjadi pekerjaan rumah DPRD Kota Yogyakarta menjadi fokus kerja anggota legislatif tersebut sejak pimpinan definitif lembaga tersebut dilantik secara resmi melalui rapat paripurna, Selasa.

“Setelah pelantikan akan dilanjutkan dengan penetapan alat kelengkapan pada Rabu (2/10). Dengan demikian, kami bisa mulai menyelesaikan pekerjaan rumah membahas raperda,” kata Ketua DPRD Kota Yogyakarta Danang Rudiyatmoko di Yogyakarta usai pelantikan.

Selain Danang, dua pimpinan definifif DPRD Kota Yogyakarta periode 2019-2024 yang juga dilantik adalah HM Fursan dan Dhian Novitasari yang masing-masing menjabat sebagai wakil ketua satu dan wakil ketua dua DPRD Kota Yogyakarta.

Menurut Danang, raperda yang harus segera diselesaikan adalah Raperda APBD 2020. “Setelah rapat paripurna penetapan alat kelengkapan, maka akan dilanjutkan dengan rapat paripurna penyampaian KUA PPAS untuk pengantar rencana anggaran 2020,” katanya.

Rencana anggaran tersebut kemudian dibahas melalui komisi dan diharapkan dapat selesai tepat waktu sebelum batas akhir persetujuan bersama pada akhir November.

“Tentunya, bukan hanya Raperda APBD 2020 saja yang akan dibahas. Kami juga akan upayakan untuk membahas raperda lain yang masih menjadi PR untuk diselesaikan tahun ini. Kalau hanya fokus satu raperda saja, tidak akan bisa selesai,” katanya.

Selain Raperda APBD 2020, sejumlah raperda yang menjadi pekerjaan rumah untuk diselesaaikan tahun ini adalah Raperda RTRW, perubahan tentang perangkat daerah, penyerahan dan pengelolaan prasarana dan sarana utilitas perumahan, ketahanan keluarga, retribusi IMB, dan PD Jogjatama Vishesha.

“Harapannya, seluruh raperda bisa selesai sehingga kami pun bisa melakukan fungsi kami yang lain, seperti pengawasan khususnya mengawal pemanfaatan dana kelurahan,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti menyebut, pelantikan pimpinan definitif DPRD Kota Yogyakarta dilakukan pada momentum yang baik yaitu bertepatan dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

“Harapannya, seluruh pimpinan dewan dan juga anggota legislatif tetap menjadikan Pancasila sebagai dasar dalam melaksanakan seluruh tugas dan fungsinya. Selamat bertugas dan semoga amanah,” katanya.

Sedangkan Kepala Bagian Hukum Pemerintah Kota Yogyakarta Basuki Hari Saksana menyebut, seluruh raperda inisiatif eksekutif yang masuk dalam Propemperda 2019 sudah siap dibahas. “Sudah dilengkapi dengan naskah akademik dan seluruhnya siap dibahas,” katanya.

Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024