Cristiano Ronaldo memberikan indikasi rencana pensiunnya

id Cristiano Ronaldo,Juventus,Portugal,ronaldo pensiun

Cristiano Ronaldo memberikan indikasi rencana pensiunnya

Ekspresi penyerang Juventus Cristiano Ronaldo saat bermain melawan SPAL di Allianz Stadium, Turin, Italia pada 28 September 2019.(REUTERS/MASSIMO PINCA)

Jakarta (ANTARA) - Cristiano Ronaldo terus membuat semua orang menebak masa depannya, dengan megabintang Juventus tersebut kembali memberikan indikasi tentang rencana pensiunnya.

Pada usia 34 tahun, setiap pemain sepak bola normalnya akan mendekati akhir karier sebagai pesepak bola. Namun, Ronaldo bukanlah pemain biasa dan ia telah bekerja tanpa lelah agar tetap berada dalam kondisi fisik terbaik dan terus bermain di tingkat tertinggi.

Ia belum menunjukkan tanda-tanda melambat dan sebelumnya telah mengatakan bahwa ia masih bisa bermain lebih lama, dengan kemungkinan dapat meniru Ryan Giggs dan Paolo Maldini hingga umur 40 tahun.

Akan tetapi, Ronaldo belakangan mulai banyak melakukan kegiatan di luar lapangan, dengan sejumlah proyek serta perusahaan miliknya. Ronaldo sendiri mengakui bahwa ia tidak bisa memprediksi kapan ia akan pensiun sebagai pesepak bola.

"Saya masih mencintai sepak bola. Saya suka menghibur para penggemar dan orang-orang yang mencintai Cristiano. Tidak masalah tentang usia, itu semua soal mentalitas," ujar Ronaldo saat ditanya tentang masa depannya dalam sebuah wawancara dengan SPORTbible pada Selasa (01/10).

"Lima tahun terakhir saya mulai menikmati aktivitas saya di luar sepak bola, jadi siapa yang tahu apa yang akan terjadi dalam satu atau dua tahun ke depan?"

Ronaldo memang dikenal sebagai orang yang menyukai tantangan dan mengakui bahwa ia memiliki komitmen untuk menjaga nilai komersilnya di luar sepak bola.

"Saya tidak ingin meniru siapa pun. Anda harus menjadi diri sendiri setiap saat, tetapi Anda selalu dapat mengambil detail kecil dan mengambil contoh yang baik, tidak hanya dalam sepak bola tetapi juga dalam olahraga lain seperti Formula 1, NBA, golf, UFC, apa pun," tambah kapten timnas Portugal itu

"Atlet terbaik memiliki etos kerja yang serupa. Bahkan CEO dari perusahaan besar selalu termotivasi dan mereka harus bekerja keras untuk mencapai hal-hal yang baik."

"Kamu harus yakin pada dirimu sendiri. Dalam sepak bola, saya punya lebih banyak kontrol. Saya tahu apa yang bisa saya lakukan. Dalam bisnis, lebih sulit, kamu bergantung pada orang lain, tetapi saya punya tim yang bagus. Itu akan menjadi sebuah tantangan."

Namun, untuk saat ini, sepak bola masih menjadi fokus utama Ronaldo. Ia berusaha meraih lebih banyak trofi baik di tingkat klub atau internasional.(sumber SPORTbible)
Pewarta :
Editor: Sutarmi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar