Adira Finance menggelar Festival Pesona Lokal di Yogyakarta

id adira finance,festival,yogyakarta

Adira Finance menggelar Festival Pesona Lokal di Yogyakarta

Kepala Wilayah Area Jawa Tengah Adira Finance Irfan Budiarto (kiri) menyerahkan cenderamata kepada Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata DIY Marlina Handayani (HO-Adira Finance)

Yogyakarta (ANTARA) - Perusahaan pembiayaan Adira Finance menggelar Festival Pesona Lokal untuk pertama kalinya di Alun-Alun Utara Yogyakarta, 19 Oktober 2019, dengan mengangkat tema "Rasakan Sensasi Pesona Lokal".

Festival Pesona Lokal di Yogyakarta diselenggarakan bertujuan untuk mempromosikan potensi budaya, pariwisata, dan kearifan lokal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah.

"Kami mengajak masyarakat dan ekosistem Adira Finance yang terdiri dari konsumen, mitra bisnis, dan karyawan untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Berbagai aktivitas akan diadakan untuk memeriahkan Festival Pesona Lokal Yogyakarta," kata Kepala Wilayah Area Jawa Tengah Adira Finance Irfan Budiarto kepada wartawan di Yogyakarta, Kamis. 

Kegiatan ini digagas Adira Finance sebagai salah satu program CSR perusahaan, yang bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia) dan stasiun televisi nasional RCTI, dalam rangka HUT Ke-29 Adira Finance.

Menurut dia, berbagai aktivitas akan digelar di Festival Pesona Lokal Yogyakarta antara lain Parade Karnaval Budaya, Lomba Tari Lokal Kontemporer.

Selain itu, Lomba Desain Motif Khas Lokal Kontemporer, Kompetisi ala Selebgram Lokal, Festival Kuliner dan Foodtruck, dan permainan lokal serta bazaar aneka produk lokal.

"Tidak ketinggalan kegiatan ini juga akan dimeriahkan oleh artis ibu kota Siti Badriah dan artis lokal Langit Sore," kata Irfan.
 
Ia berharap kegiatan tersebut dapat membuat ekosistem Adira Finance dan masyarakat semakin mencintai budaya dan kearifan lokal serta berperan aktif untuk turut serta mempromosikannya.

"Mari bersama-sama kita datang dan meramaikan Festival Pesona Lokal Yogyakarta," kata Irfan.

Menurut dia, Festival Pesona Lokal digelar di 7 kota di Indonesia yaitu Medan, Denpasar Bali, Surabaya, Bandung, Makassar, Yogyakarta, dan Jakarta mulai Agustus hingga November 2019.

Sebagai "highlight" dari kegiatan Festival Pesona Lokal di 7 kota di Indonesia itu akan diberikan penghargaan khusus yaitu Kota Paling Mempesona kepada kota penyelenggara yang berhasil menampilkan pesona dan keunikan budaya lokal serta atraktivitas yang melibatkan masyarakat selama kegiatan berlangsung.

Tidak hanya itu terdapat pula penghargaan Provinsi Paling Mempesona, yang akan diberikan kepada provinsi dengan kota penyelenggara yang sukses dan berhasil memperlihatkan kekayaan budaya lokal yang beragam dan bervariasi dari provisi tersebut.

"Kedua penghargaan ini merupakan persembahan dari Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia) dan Adira Finance," kata Irfan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata DIY Marlina Handayani mengapresiasi dan mendukung Festival Pesona Lokal Yogyakarta yang diadakan Adira Finance.

Ia mengemukakan, DIY memang memiliki banyak sekali budaya dan mempunyai potensi lokal yang didukung dengan sarana dan prasarana pariwisata yang cukup baik, sehingga tidak salah jika Festival Pesona Lokal diadakan di wilayah DIY.

Kehadiran Festival Pesona Lokal ini, menurut dia, tidak hanya mendatangkan keuntungan bagi Adira Finance, tetapi juga bagi DIY yang memiliki potensi budaya dan pariwisata yang cukup besar.

"Kita mempunyai program dan target wisatawan. Kegiatan ini sekaligus menyongsong DIY yang menargetkan pada 2025 menjadi daerah budaya dan pariwisata terkemuka di level Asia Tenggara," kata Marlina.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar