Kodim 0734 Yogyakarta bertekad tingkatkan profesionalitas

id TNI,HUT, Kodim,0734 Yogyakarta,profesional

Kodim 0734 Yogyakarta bertekad tingkatkan profesionalitas

Kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang digelar Kodim 0734 Yogyakarta di Kelurahan Bener (HO-Humas Kota Yogyakarta)

Yogyakarta (ANTARA) - Bertepatan dengan hari ulang tahun ke-74 TNI, Kodim 0734 Yogyakarta bertekad untuk terus meningkatkan profesionalitas seluruh anggota TNI dengan berbagai upaya, dan bertekad untuk terus menjaga kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Secara internal, kami berharap agar seluruh anggota TNI semakin profesional dan mampu menjaga profesinalisme sehingga TNI akan maju dan mandiri,” kata Komandan Kodim 0734 Yogyakarta Kolonel Arh Zaenudin di Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, sikap profesional tersebut akan diwujudkan dengan berbagai upaya di antaranya menjalankan tugas yang menjadi tanggung jawab TNI, terus berlatih, dan selalu belajar.

Namun demikian, ia juga berharap agar sikap profesionalitas TNI tersebut dapat diiringi dengan peningkatan kesejahteraan seluruh anggota TNI.

Untuk saat ini, lanjut dia, pemerintah sudah melakukan upaya yang baik untuk pemenuhan kesejahteraan anggota TNI. “Kesejahteraan anggota TNI sudah semakin baik. Ada upaya serius dari pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan anggota TNI,” katanya.

Sementara itu, beberapa kegiatan yang sudah diprogramkan Kodim 0734 Yogyakarta pada tahun ini di antaranya pembinaan teritorial yang disesuaikan dengan karakteristik Yogyakarta sebagai Kota Budaya, Kota Pendidikan, maupun Kota Pariwisata.

“Suasana Kota Yogyakarta saat ini cukup kondusif. Kondisi ini yang harus dijaga sehingga wisatawan maupun pelajar bisa menikmati suasana Yogyakarta yang nyaman dan aman. Saya yakin, suasana Kota Yogyakarta tidak akan bisa ditemui di kota lain dan ini menjadi kekuatan Yogyakarta untuk menarik wisatawan,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut Zaenudin, TNI mengajak seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kondisi Yogyakarta agar tetap kondusif. Beberapa potensi yang dinilai bisa mengganggu suasana kondusif di Yogyakarta di antaranya klithih atau perkelahian, termasuk narkoba.

“Kemanunggalan TNI dan rakyat juga harus tetap terjaga. Bersama rakyat, TNI kuat. Dan kami pun berharap bisa terus memberikan kemanfaatan kepada rakyat,” katanya.

Menurut dia, TNI harus mampu bertahta di hati seluruh rakyat Indonesia sehingga TNI disayangi. Dengan demikian, TNI mampu memberikan pengaruh kepada masyarakat untuk selalu berbuat yang terbaik kepada bangsa dan negara Indonesia.

Salah satu wujud kehadiran TNI di tengah masyarakat Kota Yogyakarta direalisasikan dalam bentuk program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD). TNI terjun bersama masyarakat untuk melakukan berbagai pembangunan fisik dan nonfisik.

“Sasaran pekerjaan fisik untuk TMMD pun semakin diperluas. Tahun depan direncanakan dilakukan untuk revitalisasi lapangan-lapangan yang kurang terawat di Yogyakarta dengan menanam rumput,” katanya yang berharap ada percepatan pembangunan dengan turunnya TNI bersama rakyat.

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024