Panglima TNI sebut 3.800 pengungsi ada di Wamena

id Panglima tni, hadi tjahjanto

Panglima TNI sebut 3.800 pengungsi ada di Wamena

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto,didampingi para kepala staf angkatan menyampaikan pernyataan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (5-10-2019). ANTARA/Zuhdiar Laeis

Jakarta (ANTARA) - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebutkan setidaknya ada 3.800 pengungsi di Wamena, Papua, yang menempati kantor koramil, kodim, maupun polsek.

"Khusus di Wamena, ada 3.800-an pengungsi ikut di beberapa tempat koramil, kodim, maupun polsek," kata Panglima usai peringatan HUT Ke-74 TNI di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu.

Sementara itu di Jayapura, terdata sebanyak 8.600 pengungsi. Mereka yang tinggal di penampungan kurang lebih 3.500 pengungsi.

"Karena yang 5.000 pengungsi lainnya ikut saudaranya di Jayapura," katanya.



Hadi memastikan pelayanan kesehatan dan logistik terhadap para pengungsi yang tinggal di lokasi-lokasi pengungsian berjalan baik.

"Logistik tidak ada masalah, bantuan kesehatan, termasuk dapur umum lapangan di Wamena berlangsung baik," katanya.

Kementerian Sosial dan Kementerian Kesehatan, kata dia, terus memantau kondisi para pengungsi yang tersebar di Wamena maupun Jayapura.

Kementerian PUPR juga segera merehabilitasi gedung-gedung yang rusak dan kemungkinan akan membangun hunian sementara bagi pengungsi

"Ada juga paguyuban, seperti paguyuban dari Makassar, Madura, dan Sumatera Barat yang mereka ikut memfasilitasi pengungsi," katanya.

Hadi menegaskan bahwa TNI juga telah mengerahkan kekuatan dalam rangka mendukung Polri di beberapa tempat di Papua, termasuk di Jayapura dan Wamena.



"Tujuannya untuk memberikan kepercayaan kepada masyarakat Wamena, Ilaga, dan Oksibil bahwa stabilitas keamanan terus akan dijaga sehingga perekonomian di wilayah tersebut dapat berjalan dengan baik," katanya.

Peringatan HUT Ke-74 TNI berlangsung meriah dengan berbagai atraksi, defile pasukan, dan konvoi alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang dimiliki TNI.

Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden M. Jusuf Kalla beserta sejumlah pejabat, baik legislatif maupun eksekutif, hadir dalam kesempatan itu, di antaranya Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti, dan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, serta K.H. Ma'ruf Amin yang terpilih sebagai wapres pada Pemilu 2019.

Selain itu, presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno, wapres ke-9 RI Hamzah Haz, dan wapres ke-11 RI Boediono.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024