Genjot daya jual di pasaran, perajin batik kayu Krebet perbarui motif

id batik kayu,krebet,penjualan

Genjot daya jual di pasaran, perajin batik kayu Krebet perbarui motif

Aneka kerajinan batik kayu Krebet. (FOTO ANTARA)

Bantul (ANTARA) - Para perajin batik kayu di Desa Wisata Krebet, Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta berinovasi membuat motif varian baru untuk meningkatkan nilai jual di pasaran.

"Dari segi motif selalu dikreasikan agar punya motif yang selalu mengikuti pasar," kata Ketua Pengelola Desa Wisata Krebet, Agus Jati Kumara saat ditemui di Bantul, Sabtu.

Agus mengatakan untuk meningkatkan penjualan batik kayu memang diperlukan usaha untuk terus memperbarui informasi mengenai produk dan motif apa saja yang baru laris di pasaran dan diterapkan saat produksi.

"Tidak semua di batik jadi ada bagian yang tidak dibatik, jadi permainan motif yang kami kembangkan," kata dia.

Menurut Agus, dalam pemasaran batik tulis ada siklus desain tertentu yang diminati setiap bulannya.

"Contohnya topeng, wayang kemudian barang konvensional itu berputar terus dan masing-masing punya waktunya," kata Agus.

Pemilik sanggar Punokawan ini mengakui pesanan batik kayu di sentra kerajinan Kerebet biasanya mengalami peningkatan signifikan pada akhir tahun dan melemah awal tahun. Pada Maret, kata dia, sudah mulai terlihat peningkatan penjualan batik kayu.

Setiap bulan, lanjut dia, omzet perajin batik tulis di Krebet berkisar antara Rp10 hingga Rp30 juta saat ramai pesanan. Sedangkan saat omzet merosot biasanya bisa sampai 30 persen dari normalnya.

"Penjualannya lebih banyak pada pemesanan dari dalam maupun luar kota, ada juga wisatawan yang datang langsung tapi perbandingannya hanya 30 persen pembeli," kata Agus.

Selaras dengan Agus, pemilik sanggar batik kayu "Souvenir" di Krebet, Tugiyo(49) mengatakan variasi motif di setiap produk memang terus ditingkatkan agar pembeli tidak jenuh.

"Harus bikin yang model-model dan motif baru dari berbagai jenis souvenir," kata dia.

Tugio mengatakan barang yang banyak dipesan pembeli ialah souvenir seperti gantungan kunci berbagai bentuk barang, hiasan dinding, serta berbagai aksesori lainnya.
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024