Pemkab menggelar "Pajak Bantul Award" apresiasi kepatuhan wajib pajak

id Pajak Bantul Award

Pemkab menggelar "Pajak Bantul Award" apresiasi kepatuhan wajib pajak

Bupati Bantul Suharsono, Kepala BKAD Bantul Trisna Manurung dan personel band Kotak dalam jumpa pers acara Pajak Bantul Award 2019 di Bantul, Selasa (8/10/2019) ANTARA/Hery Sidik

Bantul (ANTARA) - Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta akan menyelenggarakan "Pajak Bantul Award 2019" pada Selasa (8/10) malam sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat wajib pajak atas kepatuhan dalam membayar pajak bumi dan bangunan.

"Pajak Bantul Award adalah malam penganugerahan penghargaan dari Bupati Bantul bagi wajib pajak terbaik dan juga bagi aparat pemerintah desa, camat, lurah atau dukuh yang memiliki kinerja bagus terkait PBB P2 (Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan)," kata Kepala BKAD Bantul Trisna Manurung di Bantul, Selasa.

Menurut dia, yang masuk kategori wajib pajak terbaik adalah wajib pajak yang tertib dalam membayarkan kewajiban pajak mereka, baik tertib waktu maupun tertib jumlahnya.

"Sedangkan aparat pemerintah desa terkait PBB P2 yang diundang dalam malam Pajak Bantul Award adalah yang capaian targetnya di atas 90 persen, dan berpartisipasi aktif dalam menggerakkan warganya untuk membayar pajak," katanya.

Dia mengatakan, dari 11 macam pajak daerah yang dikelola pemerintah daerah, yang diberikan penghargaan adalah delapan macam pajak daerah yaitu PBB P2, pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, pajak air bawah tanah, pajak parkir dan pajak mineral bukan logam dan batuan.

"Pajak Bantul Award nanti malam adalah tahun ketiga kali diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Bantul, dan semua terbilang sukses, karena selain berjalan lancar, juga memberikan dampak psikologis yang positif bagi wajib pajak," katanya.

Apalagi, kata dia, yang diundang dalam Pajak Bantul Award adalah wajib pajak terpilih yang dinilai berkontribusi aktif dan berkinerja baik dalam pembayaran pajak daerah sehingga ikut menyukseskan pembangunan di Kabupaten Bantul.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Penagihan dan Pemeriksaan BKAD Bantul Wawan Dharmawan mengatakan, pada malam penganugerahan "Pajak Bantul Award" dengan tema "Sang Bintang" tersebut akan ditutup dengan penampilan grup band Ibukota yaitu Kotak yang bisa dinikmati masyarakat Bantul.

"BKAD menghadirkan band Kotak secara gratis untuk menghibur masyarakat Bantul. Kegiatan ini digelar dalam rangka wujud syukur pemerintah bahwa ada kenaikan signifikan pembayaran pajak terutama PBB, prestasi yang sangat membanggakan dan semua berkat dukungan masyarakat Bantul," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar