Kodim Bantul maksimalkan pelibatan personel amankan pilkada

id Dandim Bantul

Kodim Bantul maksimalkan pelibatan personel amankan pilkada

Dandim 0729/Bantul Letkol Kav Didi Casidi usai Rakor Kompehensif Persiapan Pilkada Bantul 2020. (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Komando Distrik Militer 0729/Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan memaksimalkan pelibatan personel kesatuannya dalam rangka membantu pengamanan pada setiap tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang akan diselenggarakan pada September 2020.

"Dalam pengamanan pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati Bantul pada September 2020 nanti kita akan maksimal, dalam pelibatan personel juga kita maksimalkan," kata Komandan Kodim (Dandim) 0729/Bantul Letkol Kav Didi Casidi usai Rakor Komprehensif Persiapan Pilkada Bantul 2020 bersama Pemkab Bantul, di Bantul, Jumat.

Dandim tidak menyebutkan detail pelibatan personel aparat negara tersebut. Namun, menurut dia, akan melihat dari komposisi personel yang ada dan disesuaikan dengan keterlibatan pengamanan rekan-rekan aparat dari Kepolisian Resor (Polres) Bantul.

Didi menegaskan, sebagai aparat TNI, jajaran Kodim 0729 Bantul akan semaksimal mungkin dan berupaya untuk menciptakan keamanan dan ketertiban di Kabupaten Bantul menghadapi kontestasi pemilihan kepala daerah dan setiap waktu.

"Tugas ini bukan tugas yang ringan, tapi merupakan tugas yang sangat berat, sehingga perlu adanya sinergitas antara TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat yang ada, sehingga harapan kita saat pilkada nanti dapat tercipta suasana yang aman dan kondusif," katanya.

"Suasana aman ini juga sudah kita buktikan pada saat pelaksanaan Pemilu 2019. Alhamdulillah di wilayah Bantul ini dapat tercipta suasana yang aman dan tertib," kata Didi.

Dandim mengatakan, hasil evaluasi pelaksanaan Pemilu 2019, memang perlu ada perencanaan yang tepat, sehingga nanti saat pilkada tidak ada kendala sekecil apapun termasuk dari tempat penimbunan logistik, pendistribusian logistik maupun pengamanan dari aparat.

"Harapannya nanti pada saat pelaksanaan pilkada tidak ada kendala, sehingga pelaksanaan pilkada dapat berjalan sesuai dengan rencana kita," katanya.