Mendikbud: Museum simbol kemajuan suatu bangsa

id Muhadjir Effendy ,Kemendikbud ,Hari museum

Mendikbud: Museum simbol kemajuan suatu bangsa

Mendikbud Muhadjir Effendy (kiri) mengunjungi pameran Hari Museum Indonesia di Lapangan Museum Fatahillah, Jakarta, Sabtu (12/10/2019). (ANTARA/Prisca Triferna)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy ketika menyerahkan penghargaan kepada museum dan cagar budaya dalam rangka malam puncak peringatan Hari Museum Indonesia 2019 mengatakan museum sebagai simbol majunya peradaban suatu bangsa.

"Biasanya tingkat kemajuan sebuah bangsa itu tercermin dari komitmen perhatian dan pemeliharaan museum di masing-masing negara. Semakin peduli dan kuat komitmennya memelihara dan mengembangkan museum maka semakin tinggi peradaban bangsa itu," ujar Muhadjir dalam sambutannya di Lapangan Museum Fatahilah, Jakarta Barat, Sabtu.

Dia menyatakan komitmen pemerintah untuk memacu museum Indonesia semakin maju sebagai lambang bahwa bangsa Indonesia mengalami kemajuan luar biasa.



Muhadjir melihat tren museum sebagai penarik wisatawan baik dari luar negeri maupun domestik sebagai tempat yang menarik dan mendidik.

Museum, katanya, adalah destinasi wisata yang sehat, mendidik dan memberi inspirasi kepada para pengunjung terutama yang dalam usia peserta didik atau yang masih bersekolah.

"Karena itu ke depan harus betul-betul melengkapi berbagai sarana dan prasarana permuseuman dan harus lebih variatif sehingga tidak membosankan," ujarnya.

Dalam kesempatan itu Muhadjir juga menuliskan pesan pengembangan museum yang merujuk museum sebagai simbol peradaban bangsa serta mengajak masyarakat mengunjunginya untuk mendukung museum-museum Indonesia.

Di acara itu, Kemendikbud memberikan penghargaan kepada beberapa museum dan individu yang dianggap berprestasi, berjasa dan sukses melestarikan dan mengembangkan museum Indonesia.

Museum Benteng Vrederburgh, Yogyakarta mendapatkan penghargaan dalam kategori museum terbaik sementara Rahmat International Wildlife Museum dan Gallery di Medan, Sumatera Utara, keluar sebagai juara umum dalam penghargaan tersebut.*
 
Pewarta :
Editor: Sutarmi
COPYRIGHT © ANTARA 2024