Pelayanan kebutuhan lansia difasilitasi melalui Gersala

id Lansia,layanan, gerakan sayang lansia, gersala

Pelayanan kebutuhan lansia difasilitasi melalui Gersala

Ilustrasi - Orang-orang lanjut usia senam massal lansia di Alun-alun Selatan Yogyakarta, Minggu (6/10). () (ANTARA FOTO/Regina Safri)

Yogyakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Yogyakarta melakukan berbagai upaya untuk memastikan kesejahteraan warga lanjut usia melalui Gerakan Sayang Lansia yang salah satunya akan diwujudkan dengan penyediaan aplikasi untuk mempermudah pemenuhan kebutuhan mereka.

“Akan ada semacam kanal khusus untuk memudahkan pemenuhan kebutuhan bagi warga lanjut usia (lansia) yang nantinya akan dimasukkan sebagai salah satu menu dalam aplikasi Jogja Smart Service (JSS),” kata Kepala Dinas Sosial Kota Yogyakarta Agus Sudrajat di Yogyakarta, Minggu.

Menurut dia, penyiapan Gerakan Sayang Lansia (Gersala) dalam aplikasi JSS tersebut sedang berproses melalui pengumpulan data terkait kebutuhan warga lansia di Kota Yogyakarta.

Pengumpulan data dilakukan oleh relawan yang saat ini diterjunkan secara langsung untuk mengunjungi warga lansia di Kota Yogyakarta dalam sebuah program yang diberi nama Jogja Sapa Lansia.

Agus menambahkan, dalam menu Gersala tersebut warga lansia bisa menyampaikan berbagai kebutuhan yang perlu segera dipenuhi atau warga bisa menyampaikan informasi mengenai bantuan yang dimiliki.

“Misalnya, ada lansia yang membutuhkan kursi roda maka bisa menyampaikan melalui aplikasi tersebut,” katanya.

Meskipun demikian, lanjut Agus, Pemerintah Kota Yogyakarta juga akan memastikan bahwa bantuan yang diberikan kepada lansia tersebut tidak membahayakan warga lanjut usia yang menerima sehingga bantuan bisa digunakan semaksimal mungkin.

“Dari survei, 37 persen lansia membutuhkan layanan kesehatan dan 23 persen membutuhkan layanan sosial sedangkan sisanya membutuhkan beragam layanan lainnya,” katanya.

Berdasarkan data tersebut, Agus menyebut, layanan di bidang kesehatan dan sosial perlu ditingkatkan kualitasnya sehingga lansia di Kota Yogyakarta tetap bisa beraktivitas dengan baik dan mandiri, bahkan tetap berdaya.

“Jika tidak ada intervensi apapun, maka dikhawatirkan lansia justru akan menjadi beban bagi sebuah kota. Oleh karenanya, kesejahteraan lansia harus diperhatikan,” katanya.

Selain melalui aplikasi, Dinas Sosial Kota Yogyakarta juga akan membuka Griya Sejahtera Lansia untuk memadukan layanan di bidang kesehatan dan sosial bagi para lansia di Kota Yogyakarta.

Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024