Vietnam tundukkan timnas Indonesia 3-1 di Bali

id timnas indonesia,timnas vietnam,kualifikasi piala dunia

Vietnam tundukkan timnas Indonesia 3-1 di Bali

Pesepak bola Timnas Indonesia Alberto Goncalves (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Vietnam Que Ngoc Hai dalam pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa (15/10/2019). Babak pertama Timnas Indonesia ketinggalan 0-1 setelah gawang Indonesia di bobol oleh Duy Manh Do pada menit ke-26. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/hp/pri.

Gianyar, Bali (ANTARA) - Tim nasional sepak bola Vietnam menundukkan Indonesia 3-1 pada laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Selasa.

Gol-gol dari Do Duy Manh, Que Ngoc Hai, Nguyen Tien Linh, hanya bisa dibalas Irfan Bachdim beberapa menit sebelum laga berakhir.

Hasil itu membuat Indonesia belum pernah menang dari empat pertandingan Grup G sehingga skuat berjuluk Garuda itu pun terbenam di dasar klasemen dengan nol poin.

Dalam laga tersebut, pelatih timnas Indonesia Simon McMenemy menurunkan susunan starting eleven berbeda dari pertandingan sebelumnya melawan Uni Emirat Arab, Kamis (10/10). Hanya Alberto Goncalves dan Rudolof Yanto Basna dari daftar susunan pemain kontra UAE yang terlibat dalam pertandingan itu.

Sisanya, Simon memainkan Otavio Dutra, Riko Simanjuntak, kiper Muhammad Ridho, Bayu Pradana, Stefano Lilipaly, Saddil Ramdani, Evan Dimas, I Putu Gede Juni Antara dan Muhammad Abduh Lestaluhu sejak menit pertama.

Berlaga dengan formasi 4-2-3-1, Indonesia yang mengandalkan kecepatan di sektor sayap melalui Riko Simanjuntak dan Saddil Ramdani mampu memberikan tekanan kepada Vietnam dari awal laga.

Meski demikian, Vietnam yang terlebih dahulu membuat peluang berbahaya pada menit ke-19 yang berhasil ditepis oleh kiper Muhammad Ridho.

Indonesia membalas tiga menit kemudian, tetapi sepakan Bayu Pradana melebar.

Pada menit ke-26, Vietnam berhasil mencetak gol dan membuat skor menjadi 1-0. Kegagalan Yanto Basna, yang di laga itu menjabat kapten, menyapu bola di tengah kemelut membuat Do Duy Manh dengan mudah memasukkan bola ke dalam gawang.

Tidak ada gol lain tercipta sampai laga memasuki masa jeda.

Pada babak kedua, Vietnam menggandakan skor menjadi 2-0 berkat gol penalti Que Ngoc Hay pada menit ke-54. Penalti diberikan setelah Yanto Basna melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

Berawal dari ketidakmampuan pemain Indonesia menahan bola di tengah lapangan, pemain Vietnam melepaskan umpan terobosan yang berhasil dimanfaatkan Nguyen Tien Linh menjadi gol ketiga bagi skuat asuhan pelatih Park Hang-Seo.

Pada menit ke-84, Indonesia akhirnya bisa memperkecil kedudukan berkat gol Irfan Bachdim yang baru masuk di menit ke-57. Irfan melesakkan bola ke dalam gawang Vietnam memanfaatkan umpan Riko Simanjuntak.

Vietnam hampir saja membuat skor menjadi 4-1 pada akhir laga, tetapi tendangan penalti Do Hung Dung di menit ke-90+3 dapat digagalkan Muhammad Ridho. Skor 3-1 untuk kemenangan Vietnam bertahan sampai laga usai.


Berikut susunan pemain kedua tim.

Timnas Indonesia: Muhammad Ridho-pg, Muhammad Abduh Lestaluhu, Otavio Dutra, Rudolof Yanto Basna (kapten), I Putu Gede Juni Antara, Evan Dimas, Bayu Pradana, Stefano Lilipaly (81’, Irfan Bachdim), Saddil Ramdani (57’, Wawan Febrianto), Riko Simanjuntak, Alberto Goncalves (84’, Lerby Eliandry).

Timnas Vietnam: Dang Van Lam-pg, Do Duy Manh, Que Ngoc Hay (kapten), B. Tien Dung, Doan Van Hau, Nguyen Trong Hoang (87’, Nguyen Phong Hong Duy), Nguyen Van Toan (67’, Nguyen Viet Phong), Pham Duc Huy, Do Hung Dung, Nguyen Tien Linh (75’, Vu Van Thanh), Nguyen Quang Hay.