ABG Yogyakarta menggelar aksi budaya sambut pelantikan presiden

id Aksi sambut pelantikan

ABG Yogyakarta menggelar aksi budaya sambut pelantikan presiden

Aksi treatikal menyambut dan menyukseskan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Jokowi-Ma'ruf Amin di depan Monumen SO 1 Maret kawasan Titik Nol KM Yogyakarta (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Yogyakarta (ANTARA) - Elemen masyarakat Yogyakarta yang tergabung dalam Aliansi Bela Garuda mengadakan aksi budaya di kawasan Titik Nol Kilometer Kota Yogyakarta dalam rangka menyambut dan menyukseskan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin pada 20 Oktober 2019.

Penanggung jawab Aliansi Bela Garuda (ABG) Totok Ispurwanto di Titik Nol KM Yogyakarta, Kamis sore, mengatakan Pilpres 2019 adalah sebuah proses demokrasi untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024. Pemilihan yang dimenangi pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin itu secara resmi telah diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 21 Mei 2019 sesuai dengan konstitusi.

Oleh karena itu, kata dia, ABG yang merupakan gabungan dari elemen masyarakat Yogyakarta mengajak seluruh komponen masyarakat untuk turut serta mensukseskan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin pada 20 Oktober 2019.

"Mengajak seluruh kompomen masyarakat untuk menyambut dan turut serta mengawal proses pelantikan presiden dan wakil presiden yang telah ditunjuk sesuai dengan konstistusi, tidak ada kubu 01 atau 02, mari kita bersatu mendukung pemimpin baru untuk Indonesia yang lebih baik," katanya.

Dia juga mengajak masyarakat agar bersama-sama turut serta menjaga situasi aman dan damai, jangan mudah terprovokasi dengan berita-berita hoaks yang sengaja diciptakan untuk mengadu domba.

"Tidak boleh ada upaya-upaya penggagalan pelantikan presiden terpilih hasil konstitusi, rakyat bersatu tak bisa dihasut, mari kita kawal suksesi pelantikan untuk Indonesia yang lebih sejahtera," katanya.

Totok yang juga budayawan Yogyakarta ini mengatakan, ABG juga mendukung penuh aparat negara yaitu TNI dan Polri dalam melakukan pengamanan acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih di Jakarta pada 20 Oktober 2019.

Aksi budaya yang melibatkan sekitar 100 orang di depan Monumen Serangan Oemoem 1 Maret yang merupakan pusat kota Yogyakarta tersebut meliputi tari treatikal dari Sanggar Creative Jogja, orasi kebangsaan dan kebudayaan, pentas seni budaya, dan ditutup dengan doa keselamatan.
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar