Firma hukum 'Panama Papers' tuntut Netflix atas film "The Laundromat"

id panama papers,netflix

Firma hukum 'Panama Papers' tuntut Netflix atas film "The Laundromat"

Halaman web firma hukum Mossack Fonseca. (reuters.com)

Tuntutan tersebut diajukan ke pengadilan federal AS di Connecticut pada 13 Oktober. Namun, Netflix tidak langsung menjawab tuntutan tersebut.
Panama City (ANTARA) - Mossack Fonseca, firma hukum di Panama yang terlibat skandal “Panama Papers”, mengajukan tuntutan terhadap Netflix atas film barunya yang mengangkat kasus tersebut, dengan tuduhan pencemaran nama baik serta pengajuan pembatalan tayangan film tersebut.

The Panama Papers, yang terdiri atas jutaan dokumen yang dicuri dari Mossac Fonseca  dan bocor ke media pada 2016, memicu skandal berskala global setelah mengungkapkan bagaimana para klien yang kaya dan berkuasa seperti Presiden Rusia Vladimir Putin dan pesepak bola Lionel Messi menggunakan perusahaan di luar negeri untuk menghindari pajak.

Film Netflix berjudul “The Laundromat” dibintangi Gary Oldman dan Antodio Banderas sebagai dua mitra Mossack Fonseca yang ada di pusat skandal, Jurgen Mossack dan Ramon Fonseca. Film tersebut direncanakan rilis pada Jumat.

“Dalam film tersebut … (Netflix) menggambarkan Mossack dan Fonseca sebagai pengacara tidak ramah yang terlibat dalam kasus pencucian uang, penghindaran pajak, penyuapan, dan perbuatan kriminal lain,” tulis Mossack Fonseca dalam surat tuntutan setebal 42 halaman, yang satu salinannya diterima Reuters.

Baca juga: Kompetitor rencanakan layanan gratis untuk saingi Netflix

Tuntutan tersebut diajukan ke pengadilan federal AS di Connecticut pada 13 Oktober. Namun, Netflix tidak langsung menjawab tuntutan tersebut.

Pada trailer resminya, “The Laundromat” yang juga menampilkan Meryl Streep sebagai janda yang menyelidiki penipuan asuransi, pertanyaan yang diajukan dan dijawab dengan huruf besar dan tebal: “Bagaimana bisa 15 juta miliuner di 200 negara tetap kaya? Dengan pengacara seperti ini.”

Trailer tersebut langsung dipotong dengan penampilan pengacara berpakaian elegan yang diperankan Gary Oldman dan Banderas sedang tertawa keras.

Mossack Fonseca dibekukan pada tahun lalu setelah jaksa AS menuduh perusahaan itu membantu para klien menyembunyikan aset, investasi, dan pendapatan dari otoritas pajak pemerintah menggunakan kedok yayasan dan perusahaan fiktif.

Jurgen Mossack tidak menjawab permintaan untuk berkomentar, sedangkan Ramon Fonseca memberikan jawaban pada Rabu dan meminta pertanyaan tersebut disampaikan kepada  pengacaranya di AS, namun pengacaranya menolak menjawab pertanyaan tertulis

Baca juga: KPI dinilai tidak berhak mengawasi Netflix dan YouTube
 
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar