Ribuan warga memadati karnaval Pelangi Budaya Bumi Merapi

id Pelangi budaya bumi merapi,Dispar Sleman,Bupati Sleman

Ribuan warga memadati karnaval Pelangi Budaya Bumi Merapi

Bupati Sleman Sri Purnomo mengibarkan bendera melepas karnaval Pelangi Budaya Bumi Merapi 2019 di Lapangan Pemda Sleman. Foto Antara/HO/Humas Sleman

Sleman (ANTARA) - Ribuan warga Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sekitarnya memadati kawasan Lapangan Pemda Sleman untuk menyaksikan karnaval Pelangi Budaya Bumi Merapi yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Minggu.

Ajang  yang diselenggarakan ketujuh kalinya ini dibuka Bupati Sleman Sri Purnomo di lapangan Pemda Sleman dengan pengibaran bendera start peserta karnaval.

Sebanyak 60 peserta yang terdiri dari kelompok seni, paguyuban, masyarakat, pelajar, mahasiswa dan pelaku pariwisata turut serta dalam kegiatan Pelangi Buadya Bumi Merapi Tahun 2019 itu.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih mengatakan bahwa kegiatan Pelangi Budaya Bumi Merapi ini merupakan ajang kreativitas tampilan keberagaman seni, budaya dan pariwisata yang berada di seluruh Kabupaten Sleman.

"Maksud dan tujuan penyelenggaraan kegiatan ini memang sebagai ajang kreativitas keberagaman seni, budaya, dan pariwisata yang dikemas menjadi salah satu daya tarik pariwisata di Kabupaten Sleman dan menjadi ajang tahunan unggulan yang mendukung kepariwisataan di Sleman," katanya.

Dalam kegiatan yang mengusung tema "Ning Nong Ning Gung" ini, para peserta mengikuti karnaval budaya yang dimulai dari Lapangan Tridadi menuju lapangan Pemda Sleman.

Selain melakukan karnaval budaya, seluruh peserta juga diberikan kesempatan untuk melakukan "display" dengan menampilkan berbagai potensi budaya dan seni.

Bupati Sleman Sri Purnomo yang berkesempatan membuka secara resmi kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi dan dukungannya atas penyelenggaraan Pelangi Budaya Bumi Merapi tahun 2019.

Pelaksanaan karnaval Festival Pelangi Budaya Bumi Merapi ini merupakan salah satu wujud nyata dari rasa cinta kita yang tinggi terhadap dunia kesenian dan kebudayaan serta upaya kita dalam pelestariannya," katanya.

Menurut Sri Purnomo, kebudayaan memegang peranan penting dalam kemajuan suatu bangsa. Kebudayaan dinilai sebagai investasi untuk membangun masa depan.

"Keberagaman budaya daerah merupakan kekayaan dan identitas bangsa yang sangat diperlukan untuk memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah dinamika perkembangan dunia," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Sri Purnomo bersama dengan sejumlah pejabat OPD Pemerintah Kabupaten Sleman berkesempatan menyaksikan secara langsung penampilan budaya dan seni dari sejumlah peserta Pelangi Budaya Bumi Merapi 2019.

Salah satu peserta karnaval Pelangi Budaya Bumi Merapi 2019 dari JGS KIDS Carnival Jogja Green School Sleman. Foto Antara/Victorianus Sat Pranyoto
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024