Transmigran asal Yogyakarta menunggu jadwal pemberangkatan

id Transmigrasi,transmigran,yogyakarta

Transmigran asal Yogyakarta menunggu jadwal pemberangkatan

Para calon transmigran asal Daerah Istimewa Yogyakarta berfoto bersama para pejabat Kemendes PDTT dan SKPD DIY di teras Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (25/9) sebelum diberangkatkan ke Tanjung Buka Satuan Permukiman 6B di Kabupatan Bulungan, Kalimantan Utara. (Foto Antara/Luqman Hakim) (Foto Antara/Luqman Hakim/)

Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta menyatakan seluruh transmigran asal kota tersebut siap diberangkatkan dan hanya tinggal menunggu jadwal pemberangkatan ke daerah tujuan.

“Semuanya siap. Informasi terakhir yang kami peroleh, jadwal pemberangkatan pada pertengahan November,” kata Kepala Dinas Koperasi UKM Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Lucy Irawati di Yogyakarta, Jumat.

Pada tahun ini, ada 10 kepala keluarga asal Kota Yogyakarta yang terdaftar sebagai transmigran dengan lokasi penempatan di Kabupaten Bulungan Kalimantan Utara.

Seluruh calon transmigran, kata Lucy, sudah memperoleh pembekalan terutama praktik mengolah lahan pertanian sehingga diharapkan bisa segera beradaptasi di lokasi yang baru dan mengolah lahan pertanian yang diberikan.

Lucy juga mengatakan seluruh calon transmigran yang akan diberangkatkan sudah melewati proses seleksi, mulai dari seleksi administrasi dilanjutkan seleksi minat dan penegasan komitmen serta motivasi dari seluruh transmigran.

“Usia calon transmigran yang akan diberangkatkan juga kami usahakan masih berada dalam rentang usia produktif sehingga tetap bisa bekerja dengan maksimal di lokasi penempatan,” katanya.

Sedangkan untuk luas lahan pertanian yang akan diperoleh setiap transmigran, menurut Lucy, disesuaikan dengan kondisi di daerah tujuan, namun biasanya berkisar dua hektare termasuk untuk rumah.

Setiap transmigran juga akan memperoleh uang saku Rp10 juta serta jaminan hidup selama satu tahun berupa bahan kebutuhan pokok. Uang dan bahan kebutuhan pokok tersebut diharapkan bisa memudahkan transmigran beradaptasi di lokasi baru.

Pada tahun lalu, Kota Yogyakarta juga menempatkan lima kepala keluarga sebagai transmigran di Bulungan, ditambah dua KK di Kabupaten Paser Kalimantan Timur, dan di Kabupaten Lahat Sumatera Selatan sebanyak tiga KK.

Lucy berharap, transmigran asal Kota Yogyakarta bisa merasa betah dan cocok tinggal di lokasi yang baru sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga.

”Dari hasil evaluasi, biasanya transmigran asal Kota Yogyakarta cepat beradaptasi dengan lingkungan baru dan jarang yang kembali pulang ke Yogyakarta,” katanya.

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024