Pebalap Bottas tempati pole position Grand Prix AS

id valtteri bottas,lewis hamilton,grand prix as,formula1

Pebalap Bottas tempati pole position Grand Prix AS

Pebalap Mercedes Valtteri Bottas di sesi latihan Grand Prix Amerika Serikat, Sirkuit Americas, Austin, Texas (2/11/2019) USA TODAY Sports/Jerome Miron

Jakarta (ANTARA) - Valtteri Bottas mengunci pole position untuk Mercedes di Grand Prix Amerika Serikat mengungguli Sebastian Vettel dari tim Ferrari di babak kualifikasi, Sabtu waktu setempat.

Bottas menjadi yang tercepat dengan catatan waktu satu menit 32,029 detik, memecahkan rekor waktu putaran di Sirkuit Americas (COTA) lewat upaya terakhirnya di penghujung sesi kualifikasi, sedangkan Vettel dengan margin tipis 0,012 detik akan start dari P2, demikian laman resmi Formula 1.

Hasil itu mengakhiri enam pole position beruntun Ferrari yang diraih setelah jeda musim panas dan merupakan pole position sekali lagi bagi Bottas sejak GP Inggris serta bagi Mercedes sejak GP Jerman pada akhir Juni lalu.

"Membuat lap seperti itu di tempat seperti ini... yang terakhir kekurangan grip sama sekali. Aku senang tak ada yang bisa memperbaiki waktunya, hari yang menyenangkan," kata Bottas usai kualifikasi.



Di mobil Mercedes kedua, Lewis Hamilton, yang berpeluang mengunci gelar juara dunia keenamnya, membuat kesalahan di lap terakhir di kualifikasi akan start dari tempat kelima, 0,292 detik di belakang rekan satu timnya.

Hamilton hanya perlu finis setidaknya P8 di COTA, sedangkan Bottas harus menang jika ingin peluang perebutan gelar di antara kedua pebalap Mercedes itu terbuka hingga GP selanjutnya di Brazil.

Bottas saat ini terpaut 74 poin dari Hamilton dengan tiga balapan tersisa.

"Jujur aku mencoba tak memikirkan itu saat ini, aku hanya sedang mencoba mencerna apa yang baru saja terjadi dan akan memikirkan soal besok nanti," kata Hamilton.

Hamilton menjadi pebalap paling sukses di GP Amerika Serikat dengan enam kemenangan di sana, lima di antaranya diraih di Texas.



Pebalap Red Bull Max Verstappen, yang tampil cepat di dua sesi latihan, terpaut 0,067 dari Bottas akan start dari P3 di depan Charles Leclerc yang terpaut 0,108 detik dari pole sitter.

"Kualifikasi sangat ketat. Aku rasa kami biasanya cukup bagus di balapan... kita lihat apa yang terjadi nanti," kata Verstappen.

Sebelumnya, Leclerc menemui masalah reliabilitas di kala kebocoran oli memaksanya menghentikan mobil SF90nya ke pinggir trek di FP3.

Pebalap asal Monako itu terhindar dari penalti setelah tim menyematkan power unit yang pernah mereka gunakan sebelumnya, bukan unit baru, untuk kualifikasi dan balapan nanti.



Alexander Albon membawa mobil Red Bull kedua di P6 di depan duo McLaren Carlos Sainz di P7 dan Lando Norris di P8.

Daniel Ricciardo, yang hanya keluar satu kali di Q3, menjadi pebalap Renault tercepat di P9 sedangkan Pierre Gasly melengkapi peringkat 10 besar dengan mobil Toro Rossonya.

Sergio Perez akan start balapan dari jalur pit setelah tak memenuhi panggilan steward untuk menimbang mobil Racing Point yang ia kendarai ketika di sesi FP2.





Hasil kualifikasi GP Amerika Serikat
1 Valtteri Bottas FIN Mercedes AMG Petronas Motorsport 1 menit 32,029 detik
2 Sebastian Vettel GER Scuderia Ferrari +0,012 detik
3 Max Verstappen NED Aston Martin Red Bull Racing Honda +0,067 detik
4 Charles Leclerc MON Scuderia Ferrari +0,108 detik
5 Lewis Hamilton GBR Mercedes AMG Petronas Motorsport +0,292 detik
6 Alexander Albon THA Aston Martin Red Bull Racing Honda +0,519 detik
7 Carlos Sainz ESP McLaren F1 Team +0,818 detik
8 Lando Norris GBR McLaren F1 Team +1,146 detik
9 Daniel Ricciardo AUS Renault F1 Team +1,459 detik
10 Pierre Gasly FRA Red Bull Toro Rosso Honda +1,572 detik
11 Nico Hulkenberg GER Renault F1 Team
12 Kevin Magnussen DEN Rich Energy Haas F1 Team
13 Daniil Kvyat RUS Red Bull Toro Rosso Honda
14 Lance Stroll CAN SportPesa Racing Point F1 Team
15 Romain Grosjean FRA Rich Energy Haas F1 Team
16 Antonio Giovinazzi ITA Alfa Romeo Racing
17 Kimi Raikkonen ITA Alfa Romeo Racing
18 George Russell GBR ROKiT Williams Racing
19 Sergio Perez MEX SportPesa Racing Point F1 Team
20 Robert Kubica POL ROKiT Williams Racing
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024