KPU Bantul gencarkan sosialisasi pendidikan pemilih

id Sosialisasi KPU Bantul

KPU Bantul gencarkan sosialisasi pendidikan pemilih

Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih yang dilakukan KPU Kabupaten Bantul, DIY bekerja sama dengan organisasi kepemudaan. ANTARA/Hery Sidik

Bantul (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mulai menggencarkan sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada masyarakat sebagai upaya meningkatkan peran serta masyarakat dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantul 2020.

"Sosialisasi dan pendidikan pemilih dilakukan bekerja sama dengan organisasi kemasyarakatan maupun organisasi kepemudaan, seperti Karang Taruna, Fatayat, Nasyiatul Aisyiyah, dan Tim Penggerak PKK," kata Ketua KPU Kabupaten Bantul Didik Joko Nugroho di Bantul, Senin.

Menurut dia, dalam kegiatan tersebut selain disosialisasikan tentang tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantul yang akan digelar pada bulan September 2020, juga dipaparkan peran-peran yang dapat dilakukan oleh organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan di daerah setempat.

Salah satu penekanannya, lanjut dia, adalah pentingnya anggota-anggota organisasi ini untuk aktif dalam pemilihan, baik sebagai pemilih aktif maupun dapat juga sebagai penyelenggara pemilihan di tingkat ad hoc, seperti PPK, PPS, dan KPPS.

Didik Joko Nugroho mengatakan bahwa rekrutmen badan ad hoc untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantul 2020 akan dimulai awal tahun depan, kebutuhan personel panitia pemilihan kecamatan (PPK) di 17 kecamatan, panitia pemungutan suara (PPS) di 75 desa, dan KPPS di 1.537 TPS.

Oleh karena itu, dia berharap melalui kerja sama pendidikan pemilih bersama organisasi keagamaan, organisasi kemasyarakatan, dan organisasi kepemudaan dapat mempermudah rekrutmen penyelenggara badan ad hoc di tingkat kecamatan, desa, dan TPS.

Didik memandang perlu mengintensifkan kerja sama dengan ormas perempuan, seperti PKK, Nasyiatul Aisyiyah, dan Fatayat NU dalam sosialisasi dan pendidikan pemilih guna mendorong peran perempuan agar lebih aktif dalam pemilihan, terutama sebagai petugas penyelenggara pemilu di masing-masing wilayah.

Dalam waktu dekat ini, KPU Kabupaten Bantul akan menjalin kerja sama dengan organisasi penyandang disabilitas serta organisasi keagamaan lain, seperti perwakilan pendeta dan gereja se-Kabupaten Bantul.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar