KPU DIY mengapresiasi kedewasaan berdemokrasi masyarakat Gunung Kidul

id Pilkada Gunung Kidul,Kedewaaan berdemokrasi,Gunung Kidul

KPU DIY mengapresiasi kedewasaan berdemokrasi masyarakat Gunung Kidul

Peluncuran tahapan Pilkada Kabupaten Gunung Kidul. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Gunung Kidul (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta mengapresiasi masyarakat Kabupaten Gunung Kidul yang lebih dewasa dalam berpolitik dan berdemokrasi, sehingga setiap pelaksanaan pemilu berjalan damai dan lancar.

Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan di Gunung Kidul, Senin, mengatakan saat Pilkada 2015  para calon yang kalah dalam pertarungan pilkada memberikan selamat kepada pemenang.

"Hal tersebut merupakan kedewasaan politik yang ditunjukkan oleh para calon yang bertarung saat itu. Dengan sikap seperti itu relawan dan simpatisan menjadi lebih kalem dan menerima dengan legawa. Ini adalah modal yang baik untuk diterapkan kembali pada Pilkada 2020 nanti, sehingga bisa menciptakan suasana kondusif," kata Hamdan usai peluncuran tahapan Pilkada Kabupaten Gunung Kidul.

Menurut dia, pada Pilkada 2020 akan lebih ringan dibanding dengan pilpres dan pileg yang telah berlangsung beberapa bulan yang lalu. Hal ini dikarenakan  pada pilkada hanya menghitung satu surat suara.

"Ditambah lagi dengan adanya wacana dari KPU pusat untuk menerapkan e-rekapitulasi. Kami optimistis pelaksanaan pilkada akan berjalan dengan lancar," katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Gunung Kidul Ahmadi Ruslan Hani mengatakan tahapan Pilkada 2020 Gunung Kidul secara resmi dimulai hari ini. Kemudian, KPU Gunung Kidul akan mulai sosialisasi ke masyarakat secara intensif.

Hani mengatakan pada pileg dan pilpres lalu, pihaknya mendapatkan berbagai penghargaan dari KPU RI dan provinsi seperti KPU Gunung Kidul mendapatkan penghargaan Nomor 1 se-DIY terkait dengan transparansi data

"Selain penghargaan transparansi juga mendapatkan penghargaan pemilu berintegritas dan juga mendapatkan penghargaan kategori daerah dengan penyiapan alat bukti sengketa hukum terbaik se-DIY," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil bupati Gunung Kidul Immawan Wahyudi menilai bahwa masyarakat Gunung Kidul memiliki kedewasaan politik dan dalam berdemokrasi sangat tinggi. Ia berharap pelaksanaan Pilkada 2020 berjalan lancar dan partisipasi masyarakat juga tinggi.

Ia juga berharap penyelenggaraan Pilkada 2020 yang baik dan benar dapat menjadikan Gunung Kidul maju, mandiri, dan juga sejahtera

"Saya rasa masyarakat Gunung Kidul sudah sangat dewasa dalam berdemokrasi. Semoga Pilkada 2020, bisa menghasilkan figur bupati yang sesuai dengan cita-cita," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar