Pemkab Sleman mendapat jatah 643 formasi CPNS 2019

id Penerimaan CPNS,Pemkab Sleman,Sleman,CPNS

Pemkab Sleman mendapat jatah 643 formasi CPNS 2019

Ilustrasi : Peserta seleksi kompetensi bidang penerimaan calon pegawai negeri sipil Kabupaten Seruyan saat mengikuti arahan sebelum ujian beberapa waktu lalu. (FOTO ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Sleman (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mendapatkan jatah dari pemerintah pusat sebanyak 643 formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019 yang meliputi tenaga pendidikan, kesehatan dan teknis.

"Sebelumnya kami telah mengajukan sekitar 725 formasi, termasuk formasi untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), namun tahun ini PPPK ditiadakan sehingga hanya CPNS saja," kata Plt Kepala Badan Kepegawaian, Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Kabupaten Sleman Suyono di Sleman, Selasa.

Menurut dia, formasi paling banyak tenaga pendidikan yakni sebanyak 346 formasi. Kemudian 214 formasi tenaga kesehatan dan 83 formasi tenaga teknis.



"Prioritas pemerintah memang pendidikan. Dalam rangka peningkatan SDM," katanya.

Ia mengatakan, sejauh ini kebutuhan ASN di lingkungan Pemkab Sleman masih dirasa kurang karena setiap tahun ada ratusan ASN yang purna tugas.

"Rata-rata setiap tahun ada 600 lebih PNS yang purna tugas," katanya.

Suyono mengatakan, saat ini Pemkab Sleman belum memiliki jumlah ASN yang ideal, masih membutuhkan setidaknya tambahan 5.000 PNS lagi.

"Idealnya ada 14 ribu tapi kami baru ada 9.000 ASN," katanya.

Ia mengatakan, meski demikian, pihaknya akan memaksimalkan tenaga yang ada. Selain itu, dengan adanya CPNS ini dia berharap agar generasi milenial banyak yang mendaftar karena perkembangan jaman yang serba cepat dan dinamis membutuhkan banyak inovasi.

"Sekarang kan serba cepat dan IT. Ya harapannya generasi milenial yang masuk. Karena ke depan pelaporan dan lain sebagainya tidak manual lagi, kalau yang tua pasti keteteran," katanya.


 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024