Dandim Bantul ajak generasi muda terus melanjutkan perjuangan para pahlawan

id Dandim Bantul

Dandim Bantul ajak generasi muda terus melanjutkan perjuangan para pahlawan

Komandan Kodim (Dandim) 0729/Bantul Letkol Kav. Didi Casidi usai mengikuti Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Lapangan Trirenggo Bantul, DIY, Minggu (10/11/2019) ANTARA/Hery Sidik

Bantul (ANTARA) - Komandan Kodim 0729/Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta Letnan Kolonel (Letkol) Kav. Didi Casidi mengajak para generasi muda khususnya di Kabupaten Bantul untuk terus melanjutkan perjuangan para pahlawan terdahulu yang telah berjasa kepada bangsa dan negara.

"Hari ini kita melaksanakan upacara dalam rangka memperingati hari Pahlawan, kita ketahui bersama bahwa jasa-jasa pahlawan terdahulu itu sangat besar, tentunya kita sebagai generasi muda terus melanjutkan nilai-nilai perjuangan itu," kata Dandim Bantul usai Upacara Hari Pahlawan di Lapangan Trirenggo Bantul, Minggu.

Menurut dia, generasi muda saat ini bisa meneruskan perjuangan para pahlawan dengan cara mengisi kemerdekaan Republik Indonesia (RI), menciptakan sebuah karya yang bermanfaat bagi bangsa dan daerah serta belajar dengan giat dan rajin apabila masih sebagai pelajar.

"Kalau pelajar, belajar yang baik dan rajin maka akan mencapai cita-cita, kemudian kita sebagai generasi muda yang berada di masyarakat berupaya untuk menciptakan karya yang jelas bermanfaat bagi bangsa dan negara di wilayahnya," katanya.

"Jadi dengan makna hari Pahlawan itu kita sebagai generasi muda harus selalu melanjutkan nilai-nilai yang dimiliki pahlawan terdahulu," kata Dandim.

Sementara itu, amanat Menteri Sosial Juliari P Batubara pada Upacara Hari Pahlawan 2019 yang dibacakan Kapolres Bantul AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono selaku Inspektur Upacara menyatakan, setiap Hari Pahlawan, bangsa ini diingatkan kembali pada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut Kemerdekaan Indonesia.

Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia.

"Peristiwa perang mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidak datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan luar biasa dari para pendahulu negeri. Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang itu hendaknya terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap insan warga negara Indonesia," katanya.

Dia mengatakan, dengan Peringatan Hari Pahlawan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang 'The Founding Fathers' yaitu Bung Karno yang menyatakan bahwa "Hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar".

"Selain itu peringatan Hari Pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak - anak bangsa untuk menjadi Pahlawan Masa Kini, sebagaimana tema peringatan hari pahlawan masa kini," katanya.
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar