Warga gagalkan serangan pemukim Yahudi di Tepi Barat Jordan

id Warga Palestina,Serangan,Pemukim Yahudi,Tepi Barat

Warga gagalkan serangan pemukim Yahudi di Tepi Barat Jordan

Bangunan milik warga Palestina dibom oleh pasukan Israel di desa Sur Baher yang berada di antara Yerusalem Timur dan Tepi Barat, Palestina, Senin (22/7/2019) waktu setempat. Militer Israel sering mengubah jalan dan lahan yang disitanya di wilayah pendudukan Palestina dengan dalih untuk digunakan buat tujuan militer dan pemukim Yahudi. ANTARA/REUTERS/Ammar Awad/aa

Ramallah, Palestina (ANTARA) - Pemukim ilegal Yahudi pada Sabtu (9/11) menyerang Desa Al-Jaba'a di sebelah barat-daya Bethlehem di Tepi Barat Sungai Jordan, tapi digagalkan oleh warga desa yang memaksa mereka pergi, kata sumber lokal.

Diab Masha'lah, pemimpin Dewan Desa Al-Jaba'a, mengatakan kepada Kantor Berita Palestina, WAFA --yang dipantau Antara di Jakarta, Ahad, pemukim dari permukiman tidak sah Israel, Bat Ayin, berkumpul di jalan masuk timur ke desa tersebut, dan mulai melemparkan petasan ke arah rumah warga sipil.



Ia mengatakan puluhan warga sipil bergegas ke lokasi dan bisa menangkal serangan pemukim Yahudi dan memaksa mereka pergi.

Kekerasan oleh pemukim Yahudi terjadi hampir setiap hari di Tepi Barat, yang diduduki, dan pelakunya jarang dihukum oleh penguasa pendudukan Israel.



Selama empat pekan belakangan, Tepi Barat menyaksikan gelombang serangan pemukim Yahudi, yang kebanyakan ditujukan ke petani Palestina saat mereka mulai memanen zaitun.

Serangan paling kejam terjadi pada pagi 16 Oktober, ketika lebih dari 30 pemukim Yahudi, yang mengenakan masker dan bersenjata, menyerang petani Palestina dan relawan asing di Burin, bagian utara Tepi Barat, sehingga melukai tiga orang, satu serius.



Sumber: WAFA
Pewarta :
Editor: Sutarmi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar