Pemkab Gunung Kidul distribusikan kota suara Pilkades 2019

id Disribusi kotak suara,Pilkades serentak 2019,Gunung Kidul

Pemkab Gunung Kidul  distribusikan kota suara Pilkades 2019

Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat Desa (DP3AKBPMD) Gunung Kidul mensosialisasikan tahapan pilkades dan pengawasannya. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Gunung Kidul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan segera mendistribusikan kotak suara untuk pelaksaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 2019 pada 22 November ini.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat Desa (DP3AKBPMD) Gunung Kidul M Farkhan di Gunung Kidul, Senin, mengatakan, rencananya distribusi kota suara dan logistik pilkades dilaksanakan mulai minggu ini.

"Jadwal pastinya belum dapat kami pastikan. Yang jelas, pelaksanaan distribusi dilakukan minggu-minggu ini, mulai dari kotak suara, bilik suara dan perlengkapannya ke 56 desa yang menyelenggarakan pilkades," kata Farkhan.

Ia mengatakan, kotak suara dan bilik suara yang akan digunakan merupakan hibah dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunung Kidul. Rencananya, perlengkapan tersebut akan disebar ke sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang ada. Setiap TPS rata-rata satu kotak suara dan tiga bilik suara.

"Itu berasal dari KPU yang dulu dihibahkan," kata dia.

Ia mengatakan, 57 desa yang menyelenggarakan tengah dalam persiapan pembentukan KPPS. Selain itu, sejumlah desa juga terpantau telah melakukan proses percetakan surat suara.

"Kalau untuk surat suara yang mencetak masing-masing panitia pengisian kepala desa di tingkat desa. Saat ini sudah proses," kata dia.

Farkhan mengatakan, proses selanjutnya akan diteruskan dengan kampanye serentak. Kampanye dilakukan selama tiga hari sesuai jadwal yang ditentukan. Kampanye dijadwalkan pada 17 sampai 19 November 2019.

"Untuk aturannya diatur dalam peraturan bupati dan peraturan daerah," kata dia.

Sebelumnya, Kepala DP3AKBPMD Gunung Kidul Sudjoko mengatakan, saat ini, semua desa telah membentuk panitia untuk pilkades, tata tertib dan rencana anggaran belanja.

"Semua desa sudah selesai. Saat ini, persiapan pelaksanaan pilkades sudah siap semua," kata Sudjoko.

Ia mengatakan, total anggaran pilkades serentak yang disiapkan pemkab sebesar Rp3,1 miliar yang akan diberikan kepada desa.

"Paling sedikit sekitar Rp30 juta dan paling banyak Rp90 juta. Untuk desa mana saja, belum bisa saya sampaikan," katanya.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar