Masyarakat Gunung Kidul diimbau meningkatkan kewaspadaan hadapi bencana

id Potensi bencana alam,Gunung Kidul

Masyarakat Gunung Kidul diimbau meningkatkan kewaspadaan hadapi bencana

Wakil Bupati Gunung Kidul Immawan Wahyudi. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Gunung Kidul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengimbau masyarakat setempat untuk meningkatkan kewaspadaannya dalam menghadapi bencana alam pada musim hujan ini.

Wakil Bupati Gunung Kidul Immawan Wahyudi di Gunung Kidul, Senin, mengatakan Gunung Kidul merupakan salah satu kabupaten yang memiliki potensi kerawanan bencana alam yang cukup tinggi di DIY.

Kerawanan bencana alam yang kerap kali menghantui masyarakat sendiri cukup beragam, mulai dari bencana kekeringan di musim kemarau, angin kencang, abrasi di sebagian wilayah pesisir pantai selatan, tanah longsor hingga potensi gempa bumi, serta banjir.

"Dengan potensi kebencaanaan ini menjadi kebutuhan bagi masyarakat Gunung Kidul untuk memiliki kewaspadaan dan tentu juga diperlukan kemampuan dalam menghadapi setiap bencana alam, khususnya tanah longsor pada musim hujan ini," kata Immawan.

Ia mengatakan tingginya potensi bencana, kewaspadaan dan kemampuan tanggap darurat bencana yang dimiliki masyarakat dinilai mampu meminimalisir efek dan dampak negatif yang tentunya bisa menyasar kepada siapapun apabila bencana datang melanda.

Hal ini perlu upaya dan dorongan untuk terus menanamkan dan meningkatkan kewaspadaan pada diri sendiri dan seluruh lapisan masyarakat terkait potensi bencana alam,  sehingga apa pun latar belakang masyarakat itu sendiri, semua memiliki peran masing-masing sesuai kapasitasnya dalam penanggulangan kebencanaan.

"Hal ini membutuhkan koordinasi yang baik untuk seluruh unsur masyarakat guna meminimalisir hal negatif akibat bencana. Tanpa itu, maka bencana akan menimbulkan efek yang jauh lebih negatif yang merugikan masyarakat, baik jiwa maupun harta benda dan infrastrukur publik serta tentu kondisi sosial masyarakat," katanya,

Sementara itu, Komandan Kodim 0730/Gunung Kidul Letkol Inf. Noppy Armyanto menambahkan,saat ini pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Pemkab Gunung Kidul terkait pemetaan wilayah potensi bencana. Jajaran Koramil juga dihimbau untuk selalu siaga jika nantinya terjadi bencana alam di wilayahnya.


"Kami harus siap, Koramil yang tahu wilayah-wilayah juga kita himbau untuk terus menyampaikan informasi. Jika nanti ada bencana kita siap, tetapi mudah-mudahan tidak ada,” kata Noppy.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024