Satpol PP Kulon Progo rutin tertibkan PKL seputar Kota Wates

id Penertiban PKL,Kulon Progo

Satpol PP Kulon Progo rutin tertibkan PKL seputar Kota Wates

Kondisi PKL di seputar Alun-alun Wates di Kabupaten Kulon Progo tertata rapi pada siang hari, namun pada malam hari sangat ramai PKL. (Foto ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Satuan Polisi Pamong Praja di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, secara rutin menertibkan pedagang kaki lima di seputaran Kota Wates supaya tidak terkesan kumuh.

"Kami rutin menertibkan pedagang kaki lima (PKL) di seputaran Kota Wates, khususnya Alun-Alun Wates. Penertiban dilakukan setiap satu minggu sekali, dan dilakukan patroli rutin," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kulon Progo Sumiran di Kulon Progo, Rabu.

Ia mengatakan tujuan penertiban ini sebagai wujud penataan agar PKL dalam berjualan tidak mengganggu kepentingan orang banyak atau umum. Saat ini, pertumbuhan PKL di Kota Wates sangat tinggi, khususnya di Alun-alun Wates pada malam hari.

"Di Kota Wates ini banyak bermunculan PKL pada malam hari, sehingga kami secara rutin menertibkan PKL supaya tidak mengganggu kepentingan umum dan menyebabkan kekumuhan," katanya.

Kepala Dinas Perdagangan Kulon Progo Iffah Mufidati mengatakan dalam waktu dekat, PKL di sekitar Pasar Bendungan yang masih menggunakan bahu jalan atau trotoar akan direlokasi dan ditata di seputar halaman pasar.

Kemudian, PKL seputar Alun-alun Wates penertiban dan penataan masih mengggu pemkab terkait dengan perencanaan lokasi kantong-kantong kuliner di sekitar alun-alun.

"Untuk kebersihan, setiap PKL, kami minta kerja samanya untuk menyediakan tempat sampah dan membuang sampah pada tempatnya," katanya.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar