Kulon Progo dampingi desa terapkan sistem infornasi desa

id Sistem informasi desa,Diskominfo,Kulon Progo

Kulon Progo dampingi desa terapkan sistem infornasi desa

Diskominfo Kulon Progo memberikan bimbingan teknis soal SID kepada aparat pemerintah desa. ANTARA/Sutarmi

Penerapan Sistem Informasi Desa (SID) sangat mendesak di era saat ini yang serba digital. Pemerintah desa yang memberi pelayanan terdepan dituntut memberikan pelayanan publik dengan cepat, transparan dan akuntabel.
Kulon Progo (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan mendampingi pemerintah desa dalam penerapan sistem informasi desa yang diharapkan mampu mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informastika (Diskominfo) Kulon Progo Heri Darmawan di Kulon Progo, Jumat, mengatakan Diskominfo berkewajiban untuk memikirkan agar pemanfaatan teknologi informatika (TI) pemerintahan desa mampu meningkatkan pelayanan masyarakat, mengefektifkan pengelolaan anggaran, dan transparansi informasi.

"Penerapan Sistem Informasi Desa (SID) sangat mendesak di era saat ini yang serba digital. Pemerintah desa yang memberi pelayanan terdepan dituntut memberikan pelayanan publik dengan cepat, transparan dan akuntabel," kata Heri.

Baca juga: Disdikpira Kulon Progo menyelenggarakan lomba budaya kemataraman

Ia mengatakan bandwitch internet di 60 desa 2019 hampir 100 persen sudah selesai. Ke depan jika seluruhnya sudah siap yang perlu dipikirkan oleh seluruh kepala desa adalah bagaimana pemanfaatannya karena banwitch setiap desa akan mendapat 8 Mbps serta penyiapan sdm pengelolanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Keuangan dan Pendapatan Desa Bidang Pemberdayaan Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDPPKB) Kulon Progo Joko Sunanto berharap penerapan SID dan IT dapat meningkatkan kinerja pada pemerintah desa dan memunculkan inovasi baru dalam mempercepat pelayanan kepada masyarakat.
Baca juga: Satpol PP Kulon Progo rutin tertibkan PKL seputar Kota Wates
 
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar