Sleman gelar "Creative Millennialpreneurs Festival"

id Wabup Sleman,Creative Millennialpreneurs festival

Sleman gelar "Creative Millennialpreneurs Festival"

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun meninjau salah satu karya dalam Creative Millennialpreneurs Festival 2019. Foto Antara/HO/ Humas Sleman

Sleman (ANTARA) - Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun membuka secara resmi penyelenggaraan Creative Millenialpreneurs Festival 2019 di Atrium Shinta Sleman City Hall, Sabtu.

"Kegiatan ini bermakna sangat strategis, salah satunya untuk meningkatkan kualitas diri dengan menanamkan jiwa enterpreunership bagi kaum muda. Dengan jiwa kewirausahaan berarti anak muda semakin mandiri, kreatif, dan inovatif," kata Sri Muslimatun.

Kegiatan Creative Millenialpreneurs Festival ini merupakan hasil kolaborasi SMAN 1 Cangkringan bersama dengan Rumah Kreatif Sleman (RKS) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sleman dengan menampilkan produk inovasi siswa SMAN 1 Cangkringan.

Menurut dia, kegiatan tersebut menjadi salah satu sarana untuk memberi bekal kemampuan bagi siswa untuk berkarya dan menjadi wirausaha muda.

"Para siswa yang mengikuti kegiatan ini juga nantinya dapat memanfaatkan keahliannya dengan mengkolaborasikan perkembangan digital," katanya.

Kepala Sekolah SMAN 1 Cangkringan Anies Rahmania mengatakan bahwa dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut terdapat sebanyak 30 Kegiatan Usaha Siswa (KUS) dengan jumlah siswa sebanyak 390 orang.

Seluruh peserta yang terdiri dari siswa SMAN 1 Cangkringan ini sebagian besar menggunakan bahan dasar limbah dalam membuat produk inovasinya.

"Produk inovasi para siswa memakai limbah, salah satunya limbah jeans. Kemudian mereka olah lagi ada yang menjadi tote bag, ada yang menjadi jaket, strap jam tangan dan produk lainnya. Jadi memang kita memaksimalkan penggunaan pengolahan barang bekas atau limbah untuk mengasah kreativitas anak," katanya.

Anies mengatakan selain  Creative Millenialpreneurs Festival, KUS juga difasilitasi dalam berbagai kegiatan sekolah dengan menampilkan sejumlah produk karya siswa sehingga dapat berkesinambungan.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024