Bupati Bantul meresmikan pemanfaatan Balai Budidaya Ikan Pundong

id Peresmian balai ikan

Bupati Bantul meresmikan pemanfaatan Balai Budidaya Ikan Pundong

Bupati Bantul Suharsono didampingi pimpinan OPD terkait memukul gong sebagai tanda diresmikan atau diluncurkannya Balai Budidaya Ikan di Desa Srihardono Pundong (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul Suharsono meresmikan pemanfaatan Balai Budidaya Ikan di Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang dikembangkan pemerintah setempat sebagai upaya meningkatkan produksi perikanan dengan menyediakan benih ikan berkualitas.

"Kami sambut baik atas keberadaan Balai Budidaya Ikan Pundong ini. Ini salah satu bukti bahwa Pemerintah Kabupaten Bantul terus bergerak melakukan pembangunan di semua bidang termasuk di bidang perikanan," kata Bupati disela-sela peluncuran Balai Budidaya Ikan (BBI) Pundong di Bantul, Selasa.

Bupati mengatakan, dengan keberadaan BBI yang ada di Jalan Parangtritis, Dusun Derso, Desa Srihardono Pundong ini diharapkan akan dapat mendorong peningkatan produksi perikanan air tawar di Bantul dengan menyediakan benih ikan berkualitas yang dibutuhkan masyarakat.

Menurut Bupati, dengan benih ikan yang berkualitas maka diharapkan ikan yang dihasilkan kelompok pembudidaya perikanan akan tumbuh dengan baik dan memberikan hasil produksi yang optimal.

"Potensi pengembangan ikan air tawar di Kabupaten Bantul masih terbuka, dengan demikian masyarakat yang ingin mengembangkan ikan air tawar harus terus kita dorong dan dibantu terkait bibit ikan dan cara pengembangannya," katanya.

Bupati juga mempunyai harapan bahwa Kabupaten Bantul ke depan dapat menjadi sentra penghasil ikan air tawar, apalagi kalau melihat kenyataan bahwa saat ini selera makan masyarakat juga telah bergeser yang menggemari sumber protein dari daging putih seperti ikan ketimbang daging.

"Sejalan dengan itu, saya berharap OPD terkait dan para kelompok pembudidaya ikan di Bantul agar menjadikan tantangan tersebut sebagai peluang untuk mengembangkan perikanan budidaya mengingat Bantul memiliki potensi budidaya air tawar yang besar, seperti lahan dan sumber air yang melimpah," katanya.
Bupati Bantul Suharsono didampingi pimpinan OPD terkait koleksi ikan hias usai meluncurkan Balai Budidaya Ikan di Desa Srihardono Pundong (Foto ANTARA/Hery Sidik)


Lebih lanjut Bupati juga mengatakan, dengan keberadaan BBI Pundong ini juga dapat dikembangkan sebagai tempat wisata minat khusus sektor budidaya perikanan melalui outbond atau perkemahan yang didalamnya diisi kegiatan pengenalan cinta perikanan atau pelatihan budidaya ikan.

Sedangkan untuk wisata pemasaran ikan, kata Bupati, dapat dilakukan melalui lomba mancing dan kontes ikan hias serta keberadaan bisa menjadi pasar ikan segar dan hidup.

"Dengan konsep tersebut, saya berharap BBI Pundong menjadi suatu kawasan budidaya air tawar yang mampu mengakomodir kebutuhan ruang untuk kegiatan budidaya ikan air tawar dan wisata dengan menonjolkan nilai nilai ekologis pada kawasan," katanya.