Bupati : program Pamsimas di Sleman meningkat 150 persen

id Bupati Sleman,Pamsimas sleman,Pamsimas,Sleman

Bupati : program Pamsimas di Sleman meningkat 150 persen

Bupati Sleman Sri Purnomo meresmikan program Pamsimas 2019 di Kecamatan Seyegan, Sleman. Foto Antara/HO/Humas Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Purnomo mengatakan program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) di wilayah setempat pada 2019 meningkat hingga 150 persen.

"Pada 2019, Program Pamsimas diselenggarakan di 25 desa di 11 kecamatan. Pada 2017 lima desa sasaran di Kecamatan Prambanan. Program ini terus meningkat menjadi 10 desa sasaran pada 2018," kata Sri Purnomo pada peresmian Program Pamsimas di Kecamatan Seyegan, Senin.

Menurut dia, 11 kecamatan yang menjadi sasaran pada 2019 meliputi Kecamatan Ngemplak, Turi, Ngaglik, Pakem, Berbah, Kalasan, Sleman, Seyegan, Cangkringan, Moyudan dan Tempel.

"Jumlah ini meningkat 150 persen dibandingkan tahun sebelumnya," katanya.

Menurut dia, pembangunan Pamsimas ini memanfaatkan sejumlah sumber dana yakni APBN sebesar Rp4,9 miliar, dana APBD Sleman sebesar Rp1,75 miliar dan dana dari APB Desa sebesar Rp950 juta.

"Di samping itu program Pamsimas juga dibiayai dana dari kelompok masyarakat berupa dana Incash sebesar Rp380 juta dan dana In-Kind sebesar Rp1,4 juta. Keseluruhan dana yang dimanfaatkan dalam program Pamsimas adalah Rp9,4 miliar," katanya.

Ia mengatakan, pembangunan Pamsimas diperuntukkan membangun jaringan air bersih di 25 desa yang dimanfaatkan oleh 6.261 KK artau 27.750 jiwa.

"Di samping itu Pamsimas juga dimanfaatkan untuk membangun sarana cuci tangan di 132 sekolah dasar serta 138 Taman Kanak-Kanak," katanya.

Sri Purnomo mengatakan, pembangunan Pamsimas merupakan pembangunan yang terus melibatkan masyarakat.

"Diharapkan dengan keterlibatan masyarakat, maka kemanfaatan program Pamsimas sesuai dengan kebutuhan masyarakat," katanya.

Sementara itu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutannya yang dibacakan Asekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan DIY Tri Saktiyana mengatakan bahwa Pemda DIY bangga dan bergembira atas selesainya pembangunan Pamsimas III Kabupaten Sleman ini.

"Semoga sarana ini dapat dimanfaatkan dengan optimal, terpelihara dengan baik, sehingga pada akhirnya dapat memberikan manfaat bagi hajat hidup orang banyak," katanya.
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024