Duel Djokovic VS Federer di Wimbledon menjadi pertandingan terbaik Grand Slam 2019

id atp tour,novak djokovic,roger federer

Duel Djokovic VS Federer di Wimbledon menjadi pertandingan terbaik Grand Slam 2019

Petenis Serbia Novak Djokovic berpose dengan trofinya setelah mengalahkan petenis Kanada Denis Shapovalov pada final ATP World Tour Masters 1000 - Rolex Paris Masters - di The AccorHotels Arena di Paris pada 3 November 2019. ANTARA/AFP/Martin Bureau/pri. (ANTARA/AFP/Martin Bureau)

Jakarta (ANTARA) - ATP Tour menobatkan duel antara Novak Djokovic dan Roger Federer di babak final Wimbledon pada 14 Juli menjadi laga terbaik Grand Slam 2019.

Bagi Federer, keikutsertaannya di Wimbledon merupakan usahanya untuk mempertahankan rekor pemegang gelar Grand Slam terbanyak, kini tercatat 20 gelar juara, dan bisa menjadi kemenangan Grand Slam pertamanya sejak Australia Open 2018.

Sementara bagi Djokovic, keunggulan atas Federer dengan 7-6(5), 1-6, 7-6(4), 4-6, 13-12(3) di Wimbledon menjadi kemenangan kelimanya di arena SW19 London dan menambah gelar juara Grand Slamnya menjadi 16 gelar.

Berdasarkan catatan atptour.com, Rabu, pertandingan babak final tersebut menjadi pertandingan terlama sejak tahun 1877 dengan durasi empat jam 57 menit.

"Itu mungkin pertandingan terberat secara mental yang pernah saya ikuti. Saya pernah menjalani pertandingan yang paling berat secara fisik melawan Nadal di putaran final Australia Open yang berlangsung hampir enam jam, tapi secara mental ini adalah tingkat yang berbeda," kata Djokovic.

Sementara bagi Federer, meski harus mengalami kekalahan usai menjalani pertandingan panjang bagi Djokovic namun tak membuatnya berputus asa untuk mengejar gelar lain di musim depan.

"Saya akan melihat ke belakang dan berpikir itu bukan lah yang terlalu buruk. Saya masih sanggup untuk melanjutkan (permainan) karena saya tidak ingin berada dalam depresi dari pertandingan yang luar biasa itu," pungkas Federer.