Calon peserta seleksi CPNS antusias mengikuti simulasi CAT di BKN

id Tes CPNS,Tes CAT

Calon peserta seleksi CPNS antusias mengikuti simulasi CAT di BKN

Peserta CPNS. (Foto : ANTARA/Dokumen pribadi).

Sleman (ANTARA) - 1.650 orang peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) mengikuti simulasi "Computer Assisted Test" (CAT) yang diselenggarakan Kantor Regional I Badan Kepegawaian Negara (BKN) Yogyakarta di Jalan Magelang, Mlati, Kabupaten Sleman, Kamis.

"Simulasi CAT diadakan selama dua hari yakni enam sesi pada hari ini (Kamis 5/12) dan lima sesi di hari Jumat (6/12)," kata Kepala Seksi Pemanfaatan Teknologi Infomasi Kantor Regional 1 BKN Yogyakarta, Stephanus Firmanto di Sleman, Kamis.

Menurut dia, simulasi ini untuk melatih para peserta agar terbiasa mengerjakan tes dengan sistem komputer atau CAT, agar saat tes yang sesungguhnya nanti para peserta hanya terfokus pada pengerjaan soal dan bukan lagi pada aplikasi dan mekanisme pengerjaan soal.

"Simulasi ini lebih kepada membiasakan para calon peserta dengan aplikasi CAT karena mekanismenya sama dengan tes yang sesungguhnya nanti," ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk tipe soal yang diberikan pada saat simulasi tidak akan jauh beda dengan saat CAT yang sesungguhnya. Hasil dari tes juga langsung ditampilkan layaknya tes CPNS. Termasuk juga dengan tata cara tesnya juga sama.

"Hanya saja yang membedakan yakni jumlah soalnya saat simulasi lebih sedikit. Kalau di tes ini soal berjumlah 50 dengan waktu pengerjaan selama 30 menit," sebutnya.

Firmanto mengatakan, soal simulasi disusun oleh Panitia Pengembangan Seleksi Rekrutmen ASN, sedangkan soal tes CPNS yang sesungguhnya dibuat oleh Panselnas.

"Biasanya mereka (Panselnas) meminta konsultasi kepada minimal 10 perguruan tinggi," ungkapnya.

Ia mengemukakan, antusiasme pendaftar sangat banyak, bahkan yang mendaftar jauh lebih banyak dari yang bisa ikut simulasi.

"Akibatnya server sempat down beberapa jam setelah kami membuka pendaftaran," tambahnya.

Melihat antusiasme calon peserta seleksi CPNS saat ikut seleksi tidak menutup kemungkinan jika akan ada simulasi lagi.

"Calon peserta seleksi CPNS bisa memantau website atau sosial media BKN karena sewaktu-waktu bisa ada pengumuman simulasi ulang. Atau barangkali ada calon peserta seleksi CPNS yang ingin mencoba soal CAT secara online bisa melalui website cat.bkn.go.id," terangnya.

Ia berharap dengan diadakan simulasi ini para peserta bisa memanfaatkannya dengan baik. Sehingga saat CAT yang sesungguhnya tidak merasa kesulitan terkait mekanisme pengerjaan.

"Tahun ini 'passing grade' CAT CPNS lebih rendah dari tahun sebelumnya. Hal tersebut sesuai dengan Permenpan RB No 24/2019 tentang Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan CPNS 2019," lanjutnya.

Menurut dia, awalnya "passing grade" tes wawasan kebangsaan (TWK) ada di angka 75 menjadi 65, tes karakteristik pribadi (TKP) dari 143 menjadi 126. Namun, untuk tes intelegensia umum (TIU) tetap pada yakni 80.

"Namun 'passing grade' tersebut akan ada penyesuaian. Tergantung formasi yang diambil. Misalnya, guru dengan dokter, nanti pasti beda," katanya.

Salah satu peserta simulasi Nela Fatmasari (25) warga Yogyakarta menyebutkan dengan adanya simulasi ini bisa sebagai tolok ukur kemampuan. Sehingga nantinya bisa tahu apa yang harus diperbaiki.

"Saya mendapat 155 poin, masih kurang untuk bisa lolos. Sempat mengalami kesulitan saat login. Tetapi tidak masalah, hanya yang beda beban soalnya saja," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024