Delegasi Republik Ceko temui Sultan membahas kerja sama KA bandara

id kereta bandara,ceko,bandara internasional yogyakarta,YIA

Delegasi Republik Ceko temui Sultan membahas kerja sama KA bandara

Sekretaris Menteri Luar Negeri Republik Ceko Miloslav Stasek menjawab pertanyaan awak media seusai menggelar pertemuan dengan Gubenur DIY Sultan HB X di Kantor Kepatihan, Yogyakarta, Senin (9/12/2019). ANTARA/Luqman Hakim.

Yogyakarta (ANTARA) - Delegasi Republik Ceko menemui Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Kantor Kepatihan, Yogyakarta, Senin, untuk membicarakan rencana kerja sama proyek pembangunan sarana kereta api yang akan menghubungkan Kota Yogyakarta dengan Bandara Internasional Yogyakarta.

Delegasi Republik Ceko terdiri atas Sekretaris Menteri Luar Negeri Ceko Miloslav Stasek, Dubes Ceko untuk Indonesia Ivan Hotek, serta Direktur Kantor Sekretariat Negara Ceko Arnost Kares.

"Tujuan utamanya adalah untuk merealisasikan atau meningkatkan rencana kerja sama khususnya Ceko dengan Yogyakarta, yang sudah diinisiasi adalah di sektor transportasi," kata Sekretaris Menteri Luar Negeri Ceko Miloslav Stasek seusai menemui Sultan.



Ia mengatakan beberapa perusahaan di Ceko saat ini sudah ada yang berminat ikut serta dalam proyek transportasi yang menghubungkan Kota Yogyakarta dengan bandara baru di Kulon Progo.

"Terutama bagaimana menghubungkan bandara dengan Kota Yogyakarta dan bandara dengan tujuan wisata Borobudur," kata dia.

Mengenai rencana kerja sama itu, menurut dia, Republik Ceko sebelumnya telah berkomunikasi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang secara spesifik menyangkut penyediaan alat transportasi yakni kereta api.

"Sementara mulai dengan kereta penumpang dulu dan nanti terbuka juga untuk kereta api barang," kata dia.



Menurut dia, pihaknya masih akan melakukan pertemuan kembali dengan PT KAI untuk memastikan kapan rencana kerja sama itu dapat terealisasi.

"Kita akan segera mulai pembicaraan dengan PT KAI, bahkan siang ini. (Realisasi) tergantung pembicaraan di PT KAI tersebut," kata dia.

Sementara itu, Sultan Hamengku Buwono X mengatakan bahwa pihak PT KAI sebelumnya telah berkunjung ke Ceko untuk membicarakan kerja sama itu.



Jika terealisasi, kereta api yang nantinya akan menghubungkan Bandara Internasional Yogyakarta dengan Kota Yogyakarta adalah kereta api model Ceko. "Nanti keretanya model dari Ceko karena standarnya kan standar Jerman dan lebih murah," kata Raja Keraton Yogyakarta ini.

Sultan berharap kerja sama itu nantinya akan semakin memperkuat konektivitas transportasi dari dan ke bandara baru Yogyakarta.

Selain dari bandara baru ke Kota Yogyakarta, Sultan menambahkan, PT KAI juga telah membuka peluang kerja sama dengan Ceko termasuk transportasi dari bandara Yogyakarta ke Borobudur. "Tapi saya tidak tahu apakah cukup tol atau plus kereta api saya belum tahu," kata dia.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar