Forum Humas BUMN: humas bagian dari sekretaris perusahaan

id Konvensi Nasional Humas

Forum Humas BUMN: humas bagian dari sekretaris perusahaan

Ketua Forum Humas BUMN yang juga Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas berbicara di Konvensi Nasional Humas di Yogyakarta Senin (16/12/2019).(ANTARA/Hery Sidik)

Yogyakarta (ANTARA) - Ketua Forum Humas Badan Usaha Milik Negara Rohan Hafas menyebutkan bahwa hubungan masyarakat menjadi bagian dari sekretaris perusahaan atau seorang yang bertugas menjembatani dewan direksi dengan para pemegang saham di sebuah perusahaan.

"Jadi Humas merupakan bagian dari corporate secretary (sekretaris perusahaan), tapi disisi lain di kami (perusahaan BUMN) lebih memperkaya diri sebagai BUMN," kata Rohan saat menjadi pembicara pada acara Konvensi Nasional Humas (KNH) 2019 di Convention Hall Sahid Raya Yogyakarta, Senin.

Oleh karena itu, Rohan yang juga Corporate Secretary Bank Mandiri ini mengatakan, segala kebijakan di perusahaannya lebih banyak yang menyangkut peran stakeholder di goverment, dan humas juga harus bisa melakukan lobi-lobi.

"Kemudian lobi, lobi itu sangat penting dan tidak selalu berkonotasi negatif arti dari pada lobi itu, lobi untuk saling mengerti antara satu pihak dan pihak lain," katanya.

KNH 2019 di Yogyakarta yang diikuti ratusan peserta atau humas perwakilan dari pengurus pusat dan cabang Persatuan Humas Seluruh Indonesia selama dua hari dari 16 dan 17 Desember 2019 mengambil tema "Kearifan Lokal Solusi Global".

"Kearifan lokal sangat berbeda untuk masing-masing institusi, dan kami sadari di (Bank) Mandiri stakeholder kami beda-beda berdasarkan regional," katanya.

Dia juga mengatakan, perusahaan BUMN yang memiliki kantor cabang-cabang tentu kearifan lokal-lokal yang sesuai dengan budaya daerahnya harus selalu dipikirkan.

"Saya punya perwakilan (kantor cabang) di 12 wilayah dan kaitan kearifan lokal itu lebih ke membaca situasi," kata Rohan Nafas.

Sebelumnya, Ketua Umum Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) Agung Laksmana mengatakan melalui KNH ini, pihaknya ingin menggali kembali kearifan lokal yang ada dalam masyarakat untuk berkontribusi bagi Indonesia di kancah global.

"Kami mengangkat tema kearifan lokal solusi global untuk menggali kembali kearifan lokal yang ada dalam masyarakat untuk berkontribusi bagi Indonesia di kancah global," katanya dalam sambutannya pada pembukaan KNH 2019.