KPU Sleman mulai mendata pemilih pelajar persiapkan Pilkada 2020

id KPU Kabupaten Sleman,Pilkada Serentak 2020,Disdukcapil Kabupaten Sleman,Sleman,Kabupaten Sleman

KPU Sleman mulai mendata pemilih pelajar persiapkan Pilkada 2020

Ketua KPU Kabupaten Sleman Trapsi Haryadi. (ANTARA/Victorianus Sat Pranyoto

Sleman (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mulai melakukan pendataan terhadap pemilih pemula atau pelajar yang sudah mempunyai hak pilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

"Salah satu upaya kami yakni berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sleman agar lebih intensif untuk terjun ke sekolah guna melakukan perekaman KTP elektronik," kata Ketua KPU Kabupaten Sleman Trapsi Haryadi, di Sleman, Selasa.

Menurut dia, perekaman KTP-el tersebut diprioritaskan bagi pelajar yang sudah berusia 17 tahun sebelum atau saat 23 September 2020 nanti.

"Hal tersebut untuk mengidentifikasi calon pemilih pemula di kalangan pelajar, sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam konstelasi Pilkada 2020," katanya lagi.

Ia mengatakan, berdasarkan peraturan, setiap orang yang berusia 17 tahun mempunyai hak untuk menyalurkan suaranya dalam Pilkada 2020.

"Kami juga berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY untuk melakukan pemetaan bagi pelajar. Jangan sampai pelajar yang sudah berusia 17 tahun tidak bisa memilih karena belum terdata akibat masalah administrasi kependudukan," katanya pula.

Trapsi menyebutkan, jemput bola perekaman KTP-el di sekolah-sekolah bisa jadi salah satu solusi, karena akan lebih memudahkan bagi pelajar dalam perekaman KTP-el.

"Kalau para pelajar akan merekam sendiri, harus ke kelurahan dan Disdukcapil dan izin sekolah. Tetapi kalau dinas jemput bola, bisa lebih efektif dan efisien," katanya lagi.

Dia menambahkan, selain itu pihaknya juga berkoordinasi dengan kepolisian dan TNI untuk mendata anggota Polri maupun TNI yang memasuki masa purnatugas pada 23 September 2020.

"Setelah pensiun, anggota TNI atau Polri bisa menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada 2020 di Sleman," katanya lagi.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Sleman Jazim Sumirat mengatakan telah melakukan upaya jemput bola dengan sasaran pelajar SMA/SMK di Sleman yang sudah berhak memiliki KTP-el.

"Kami sudah membentuk tim yang ditugaskan untuk terjun ke sekolah. Tim sudah bergerak ke beberapa sekolah dan jemput bola ini akan dilakukan secara bertahap di beberapa SMA/SMK," katanya lagi.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024