Bawaslu Sleman umumkan 51 calon Panwascam yang lolos seleksi

id Bawaslu Sleman,Seleksi panwascam,Panwascam sleman,Sleman,Kabupaten Sleman,pilkada sleman

Bawaslu Sleman umumkan 51 calon Panwascam yang lolos seleksi

Salah satu pendaftar calon Panwascam sedang mengikuti seleksi di Bawaslu Kabupaten Sleman. Foto Antara/ HO/ Bawaslu Sleman

Sleman (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mengumumkan secara resmi 51 calon anggota Panwasccam terpilih untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman Tahun 2020 setelah melalui beberapa tahapan seleksi.

"Mereka yang lolos sebagai Panwascam telah diplenokan dan diputuskan secara bulat oleh ketua dan anggota Bawaslu Kabupaten Sleman sejumlah 51 orang dari 148 orang yang mendaftarkan diri," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Sleman Karim Mustofa di Sleman, Rabu.

Menurut dia, mereka yang mendaftar dan ikut seleksi calon Panwascam terdiri dari personel lama (incumbent) dan personil baru dengan berbagai pengalaman seperti pernah menjadi Panwaslu Desa, Pengawas TPS, PPS, KPPS dan Pemantau Pemilu.

"Proses rekrutmen Panwascam ini melalui tiga tahapan seleksi objektif dan tranpasaran serta adanya masukan masyarakat," katanya.

Ia mengatakan, Bawaslu Sleman telah menyeleksi semua pendaftar sejumlah 149 orang, namun di saat seleksi administrasi ada satu orang yang belum genap berumur 25 tahun sehingga tidak lolos.

"148 orang mengikuti seleksi tertulis CAT pada 13 Desember 2019, lanjut tes wawancara selama lima hari pada 14 hingga 17 Desember 2019," katanya.

Karim mengatakan, hasil dari ketiga seleksi tersebut semua nilai diakumulasikan ditambah dengan jejak rekam dan masukan masyarakat baik positif maupun negatif yang masuk ke Bawaslu Sleman.

"Kewajiban kami terhadap masukan masyarakat adalah mengkonfirmasi dan mengklarifikasi kebenaran masukan yang dimaksud," katanya.

Ketau Pokja Rekrutmen Bawaslu Sleman Vici Herawati mengatakan proses pleno dan statistika calon Panwascam yang terpilih dilakukan secara hati-hati.

"Kami berlima dalam membuat keputusan sangat hati-hati dan objektif bahkan saking kehati-hatiannhya, debat panas kami lakukan terlebih mereka yang mendapat masukan masyarakat baik via email, surat, maupun datang langsung ke kantor Bawaslu Sleman," katanya.

Ia mengatakan, komposisi Panwascam saat ini yang terpilih adalah terdiri 39 laki-laki dan 12 perempuan atau perbandingannya 76 persen dan 24 persen.

"Semua sudah diplenokan dan diputuskan secara berlima, semua anggota Bawaslu Sleman hadir dan menyampaikan pendapat objektif, dan hasilnya diumumkan hari ini," katanya.

Vici mengatakan, dengan adanya hasil keputusan ini tentu ada yang setuju dan tidak setuju.

"Kami harapkan semua bisa menghormati hasil pleno dengan besar hati," katanya.

Selanjutnya 51 Panwascam yang terpilih akan dilantik pada 23 Desember 2019 dan sebelum dilantik ada kewajiban menyerahkan surat kesehatan rohani dan bebas napza ke Kantor Bawaslu Sleman.
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024