Penerbangan perdana Batik Air Solo-Madinah dialihkan

id Umrah, batik air

Penerbangan perdana Batik Air Solo-Madinah dialihkan

Dokumentasi - Batik Air. ANTARA/batikair.com/pri. (ANTARA/batikair.com)

Solo (ANTARA) - Maskapai penerbangan Batik Air memutuskan untuk mengalihkan penerbangan perdana rute Solo-Madinah dari Bandara Adi Soemarmo ke Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng dan Juanda, Sidoarjo akibat mengalami kendala.

Meski tidak menyampaikan kendala yang dihadapi, melalui keterangan resminya yang diterimadi Solo, Kamis, Lion Air Group sudah menginformasikan pengalihan tersebut kepada jemaah.

Corporate Communications Strategic of Batik Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan dalam upaya memberikan kenyamanan kepada calon penumpang, jemaah diberangkatkan dari Bandara Internasional Adi Soemarmo pada 11.00 WIB dan dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Soekarno- Hatta pukul 12.15 WIB.

"Sedangkan untuk penerbangan ke Juanda diberangkatkan dari Bandara Internasional Adi Soemarmo pukul 10.35 WIB dan dijadwalkan sampai Juanda pukul 11.35 WIB," katanya.

Ia mengatakan Batik Air memfasilitasi jemaah dengan mempersiapkan penerbangan lanjutan menuju Madinah menggunakan maskapai lain atau "transfer flight" tanpa dikenakan biaya tambahan.

Sebagaimana diketahui, seharusnya rute penerbangan Solo-Madinah dibuka perdana pada Kamis (19/12) pagi pukul 07.15 WIB.

Sementara itu, General Manajer PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Abdullah Usman membenarkan pengalihan rute penerbangan tersebut.

Meski demikian, dikatakannya, pengalihan rute tersebut hanya bersifat sementara. Menurut dia, pengalihan tersebut disebabkan adanya prosedur yang belum selesai di Madinah dan itu tanggung jawab pihak Lion Air Group.

"Katanya itu tidak lama bisa selesai. Selanjutnya nanti berjalan seperti rencana, yaitu berangkat langsung dari Bandara Adi Soemarmo," katanya.

Terkait dengan pengalihan, kalangan biro umrah berharap pelayanan penerbangan langsung Solo-Madinah tersebut ke depan bisa segera berjalan sesuai rencana.

"Harapannya kejadian ini tidak lagi terjadi pada penerbangan selanjutnya karena kami sudah menjual tiket Batik Air ini hingga Maret 2020," katanya.

Ia mengatakan sejauh ini tanggapan masyarakat juga cukup baik dengan adanya penerbangan langsung Solo-Madinah oleh Batik Air.