Kemendikbud : Penting tumbuhkan kepercayaan diri guru agar berinovasi

id logo kemendikbud

Kemendikbud : Penting tumbuhkan kepercayaan diri guru agar berinovasi

Kemendikbud (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Totok Suprayitno mengatakan penting untuk menumbuhkan kepercayaan diri guru agar bisa menghasilkan inovasi dalam pembelajaran.

"Kepercayaan diri guru harus dibangun, jangan takut untuk mencoba sesuatu yang baru yang nantinya akan menghasilkan inovasi dalam pembelajaran," ujar Totok di Jakarta, Jumat.

Totok menambahkan guru harus memiliki pandangan agar bisa mengajar dengan lebih baik lagi, sekecil apapun usaha perlu dicoba. Termasuk dalam merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), guru bisa berdiskusi dengan sesama guru.

"Untuk RPP sebisa mungkin contoh namun jangan disikapi contoh itu sebagai aturan,dalami contoh itu kemudian diramu lagi agar menghasilkan yang terbaik bagi anak," terang dia.

Kemendikbud sendiri sedang mempertimbangkan apakah akan memberikan contoh RPP atau tidak, hal itu dikarenakan sering kali apa yang diberikan Kemendikbud itu sebagai aturan. Padahal konsep yang digaungkan Kemendikbud adalah "Merdeka Belajar", termasuk dalam proses pembelajaran.

"Paling penting itu adalah guru harus memiliki ide sendiri yang mana menurut mereka paling baik," cetus dia.

Wakil Ketua KomisiX DPR Hetifah Sjaifudian mengatakan kunci keberhasilan pelaksanaan "Merdeka Belajar" itu ada pada guru.

"Kita tidak bisa menyerahkan sepenuhnya pada guru, kita harus mendorong agar para guru ini diberikan peningkatan kompetensi oleh para ahli pendidikan Internasional," kata Hetifah.

Kemendikbud, tambah Hetifah harus melakukan pembinaan yang cukup dan menjamin setiap sekolah mampu menjalankan konsep pendidikan yang digaungkan pemerintah. Selain itu perlu evaluasi untuk mengetahui kemampuan sekolah-sekolah itu.