PM Jepang: Kestabilan Laut China Selatan sangat penting untuk hubungan

id Perdana Menteri Jepang,China, Laut China Selatan

PM Jepang: Kestabilan Laut China Selatan sangat penting untuk hubungan

Perdana Menteri China Li Keqiang (tengah) berbicara dalam konferensi pers gabungan antara Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe (kanan) dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dalam pertemuan Trilateral ke-8 antara China, Korea Selatan dan Jepang di Chengdu, barat daya Provinsi Sichuan, China, Selasa (24/12/2019). ANTARA FOTO/Wang Zhao/Pool via REUTERS/wsj.

Chengdu, China (ANTARA) - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada Rabu mengatakan kepada Perdana Menteri China Li Keqiang bahwa tak ada peningkatan sejati dalam hubungan bilateral tanpa kestabilan di Laut China Selatan.

Kedua pimpin tersebut mengadakan pertemuan bilateral di Kota Chengdu, China, di sisi pertemuan puncak tiga-hari dengan Korea Selatan, kata Kementerian Luar Negeri Jepang.

Abe juga mendesak Li agar segera menghapuskan pembatasan impor atas produk makanan Jepang, kata kementerian tersebut di dalam ringkasan pertemuan itu.

China pada Selasa (23/12)  menjadi tuan rumah para pemimpin tetangganya yang bertengkar --Korea Selatan dan Jepang-- dan melenturkan otot diplomatik dengan dua sekutu militer penting Amerika di Asia itu serta mengupayakan persatuan regional mengenai cara menghadapi Korea Utara, yang suka berperang.

Pertemuan di Kota Chengdu, di bagian barat-daya China, diselenggarakan saat jarum jam berputar mengenai ancaman "hadiah Natal" dari pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, yang akan menyulut ketegangan regional sehubungan dengan program nuklirnya.

Pertemuan di Chengdu juga akan berisi pertemuan langsung pertama dalam 15 bulan antara Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.

Sumber: Reuters