Bupati Bantul mengingatkan pejabat terlantik tentang amanah negara

id Bupati Bantul lantik 242 pejabat

Bupati Bantul mengingatkan pejabat terlantik tentang amanah negara

Bupati Bantul Suharsono melantik dan mengambil sumpah janji serta mengukuhkan 242 pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul, DIY (Foto ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta Suharsono mengingatkan para pejabat di lingkungan pemerintah kabupaten setempat yang telah dilantik dan diambil sumpah janjinya tentang jabatan merupakan amanah negara yang harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab.

"Jabatan adalah amanah dari negara, penentuan posisi saudara-saudara yang baru saja dilantik untuk memegang jabatan sudah melalui assesment dan juga pertimbangan yang matang," kata Bupati dalam pengarahan pada acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji terhadap 242 orang PNS di Pendopo Pemkab Bantul, Jumat.

Bupati juga mengatakan, para pejabat daerah memegang tanggung jawab negara yang sangat sangat penting, oleh karena itu dia meminta dengan sangat untuk menjalankan amanah negara tersebut dengan penuh perhatian, komitmen dan rasa tanggung jawab yang tinggi.

Bupati juga meminta agar pejabat menjadi bagian dari pergerakan tanpa henti yang dilakukan oleh Pemkab Bantul, karena pembangunan tidaklah statis dan tidak ada kata titik akhir, karena perubahan zaman membawa tantangan dan tuntutan yang berbeda untuk setiap pemimpin di eranya.

"Saya mengajak kepada kita semua terus bergerak maju untuk menjawab tantangan zaman dengan tetap menjaga konsistensi nilai-nilai luhur yang diamanatkan para pendiri bangsa," katanya.

Bupati menjelaskan, peran birokrasi yang bersih efisien dan melayani sangatlah penting, karena itu setiap aparatur sipil negara (ASN) harus mampu menjadi contoh dan teladan di lingkungannya masing-masing selain daripada itu di dalam menghadapi tuntutan dan harapan masyarakat.

"Kita harus menghadapi itu dengan terobosan-terobosan baru, kecepatan, kreativitas dan inovasi. Kunci kita harus bisa lebih cepat dan lebih baik dalam memberikan pelayanan, kita harus membangun nilai-nilai baru dalam bekerja, pelayanan yang ruwet berbelit-belit dan menyulitkan rakyat harus dihilangkan," katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian, Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Bantul Danu Suswaryanto mengatakan, pejabat yang dilantik dan diambil sumpahnya serta dikukuhkan sebanyak 242 orang, yang diantaranya PNS Jabatan Tinggi Pratama lima orang, PNS Jabatan Administrator 51 orang, PNS Jabatan Pengawas dan jabatan penting lainnya.

"Tujuan kegiatan pelantikan jabatan, serta pengukuhan kepala sekolah serta pengambilan sumpah janji PNS ini dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang efektif dan efisien serta sebagai langkah penyegaran dan pemenuhan kebutuhan PNS pada perangkat daerah di Bantul," katanya.